Thursday, October 4, 2007

Serat plastik baru berkekuatan baja

Otak manusia memang tak terbatas. Nicholas kotov, seoarng profesor di fakultaas teknik kimia Universitas Michigan, bersama dengan grup peneliti Ellen arruda dan Tony waas, telah berhasil menemukan material nanocomposite yang transparant menyerupai plastik dan mempunyai sifat-sifat mekanik yang mirip dengan baja. Meskipun palstik ini tidak sekuat baja asli, namun ke depan akan di kembangkan agar dapat menghasilkan serat yang lebih tipis dan lebih kuat,

Menurutnya serat plastik bening yang berkekuatan seperti baja namun setipis kertas ini sebenarnya tidak sulit untuk dibuat. Bahkan tidak memerlukan banyak energi untuk memproduksinya. Plastik tersebut terbuat dari tanah liat yang ditambahi dengan bahan perekat nano semacam polimer polyvinyl alkohol.

Plastik ini dapat dipakai untuk mengumpulkan energi yang dibutuhkan untuk memisahkan gas di perusahaan-perusahaan kimia. Juga dapat digunakan pada alat-alat mikroelektromekanik, mikrofluida, sensor biomedikal, serta untuk menguatkan baja yang biasa dipakai oleh polisi atau tentara. Selain itu plastik ini juga dapat digunakan sebagai salah satu komponen untuk membuat robot yang akan dikembangkan oleh tim dari Universitas Michigan, AS.

Kotov berencana akan mengkomersilkan penemuannya ini dalam dua tahun kedepan.


sumber: http://uk.news.yahoo.com/; http://www.eurekalert.org/

2 comments:

Anonymous said...

wew masa siiiih?

MUT WALLS said...

BAHANYA BISA DI BELI BEBAS GK