Tuesday, October 21, 2008

Seperti apa bunga seroja??

mari menyusun seroja bunga seroja
riasan sanggul remaja putri remaja

rupa yang elok dimanja jangan dimanja
pujalah ia oh saja sekedar saja

Siapa sih yang tak kenal dengan lirik lagu di atas? Ya. Lirik tersebut adalah lirik dari lagu Bunga Seroja soundtrack dari Laskar Pelangi yang dinyanyikan langsung oleh para pemain asli film tersebut. Veris yamarno dan Marakama. Lagu melayu ini diciptakan oleh Said Effendi pada tahun 1950-an.

Kepopuleran lagu ini tak lepas dari fenomena film Laskar Pelangi. Bahkan saya yakin banyak yang baru mengenal lagu ini pertama kali justru dari film ini. Termasuk saya. Sebelumnya lagu Bunga Seroja tak terdaftar dalam perbendaharaan lagu-lagu yang saya kenal. Dan sekarang hampir setiap hari saya mendengar lagu ini. Di radio.. televisi.. juga di kantor.

Tapi jujur.. saya sendiri tidak tahu seperti apa itu bunga seroja. Bahkan mungkin diantara anda sendiri ada yang belum tahu bagaimana bentuk bunga ini.

Yuk cari tahu..

Ternyata yang dimaksud dengan bunga seroja adalah Bunga teratai. Seroja dikenal juga dengan nama Lotus. Memiliki nama latin Nelumbo nurifera gaertn. Bunga ini adalah spesies tanaman air tahunan genus Nelumbo yang berasal dari India, dan menjadi lambang negara ini. Seroja juga pernah dikenal dengan nama Nelumbo speciosum atau Nymphaea nelumbo.

Apakah anda pernah melihat bunga teratai? Bunga ini berwarna putih bersih, kuning, ada juga yang pink, memiliki diameter sampai 20 cm. Besar ya..

Sekarang saya jadi heran. Kalau betul bunga seroja adalah bunga teratai, itu berarti lirik lagu bunga seroja menjadi tidak lumrah. Coba anda perhatikan kembali lirik lagu di atas.

mari menyusun seroja bunga seroja.. riasan sanggul remaja putri remaja..

Lha sekarang bayangkan. Bagaimana mungkin bunga teratai digunakan sebagai riasan sanggul. Bunga sebesar itu. Akan seperti apa sanggul dan konde dari para putri melayu tersebut..?

Atau lirik tersebut merupakan kiasan seperti pada umumnya lirik lagu melayu. Atau jangan-jangan malah si pencipta lagu sendiri juga tidak tahu seperti apa bunga seroja. Dipikirnya bunga seroja itu seperti melati, anggrek, yang bisa dijadikan hiasan sanggul. Atau ada bunga seroja yang lain??
Ha..ha.. entahlah..

Mungkin betul kata orang-orang. Lagu Indonesia banyak yang menyesatkan..
:)


Terinspirasi dari I radio 89.6 FM

21 comments:

popollz said...

oo.. gitu to
baru ngeh juga.
*kemana aja diriku ketika kuliah di Biologi UNDIP neh* wah jan ndeso....

hehehe... thanks mas.

wahyu said...

makanya waktu kuliah jangan cuma belajar yang bab reproduksi.
he..he..

suwun dah mampir pak.

Daniel Mahendra said...

Wah, betul juga. Mas jeli sekali.
Nggak kebayang. Betul. Betul. :)

fefen said...

Ohh ternyata bunga seroja itu bunga teratai, baru tahu saya

lam kenal pak Wahyu Riyadi

wisnoe said...

emang betul jeli banget. cocik kerja di lab.
tapi bisa jadi ada kemungkinan serojanya pas kecil. aku pernah punya teratai, waktu masih kuncup agak mekar memang bagus. besarnya tidak lebih dari bungan mawar.
emang begitu atau terataiku yg kurang gizi ya...
soale pada akhirnya mati :-(

wahyu said...

@ DM, bukan jeli. tapi jelilitan eh jelalatan.. :) makasih dah mampir.

@ Wisnu, bisa jadi mas, serojanya masih kecil. Makanya taruhnya di air, jangan di kulkas. biar gak mati. he..he..

@ fefen, lam kenal juga pak. Dexzrecc itu artinya apa ya? :)

Rie Rie said...

waduh duh..
lhah Rie sendiri selama ni cuma denger2 namanya aja. Sewaktu baca postingan ini juga ga begitu percaya kalo bunga seroja tu adalah bunga teratai. Sampek nanya ama mbah gugel segala, hehehhe...

Bener2 menyesatkan lagu ni, hiks..makasih sharingnya.

marsudiyanto said...

Mas Wahyu benar. Sumpah, saya juga baru tau kalau seroja itu teratai. Banyak padan kata yg kita sering dengar, tapi belum tau kalau keduanya itu sama. Dalam lagu, banyak nama2 yg akrab ditelinga padahal kita ndak pernah melihat, atau bahkan tidak tau. Misalnya pohon kenari, buah cempedak, pohon cempaka, kutu loncat, air tuba dll

wahyu said...

@Pak Marsudi_ Biologika juga saya baru denger tuh Pak. he..he..

gasgus said...

Di kota saya di medan, lagu ini udah sangat lama populer. Bahkan sejak SD saya udah dengar lagu ini. Saya pun baru tahu kalau seroja ini ternyata bunga teratai...

Saya kira bunga seroja sebagai sanggul hanyalah kiasan. Mungkin karena dulu sanggul wanita atau remaja besar-besar macam daun teratai atau mungkin karena wanita-wanita dulu bersanggul karena cantiknya macam bunga teratai, entahlah.

Orang-orang tua kita dulu memang suka bersastra untuk menjelaskan sesuatu. Terkadang karena ketinggian sastranya, bagi kita yang awam ini sulit menangkap maksud atau pesannya...

Anonymous said...

Baru tau aku yang ngarang :D
tapi dulu sih populernya dinyanyikan ma iis dahlia hahahahha

MR. Anti Virus said...

mas, seroja itu bukan teratai.. cuma sekelas dengan teratai, bunganya pun kecil.. jangan bayangkan kembang yang besar itu buat disanggul.. bunganya yang diambil jadi hiasan sanggul.. kalau kembangnya sih segede itu jadi kwam im dong

salmiah_mabelz said...

beda kali seroja ma teratai mah...
seroja family nelumboceae
klo teratai family nympaceae.....

wahyu said...

@MR Anti Virus, Salmiah: kalo memang beda berarti lagu itu masuk akal. Saya juga penasaran bunga seroja itu apa, pas Googling dan tanya ke wiki, ternyata Seroja itu teratai.

Mungkin bisa di kasih link referensi-nya kalo Seroja memang beda dengan Teratai, biar tambah jelas n info buat para pembaca.

Makasih masukannya. ;)

Anonymous said...

Bunga seroja memang berbeda dengan bunga teratai.
http://phoenixbluesky.wordpress.com/2010/11/07/seroja-bunga-lotus-yang-sering-dikira-teratai/

Anonymous said...

bapak2 dan ibu...
Secara fisik, tanaman seroja = lotus, akarnya di air sedangkan batang daun dan batang bunganya menyembul jauh di atas permukaan air. Sedangakan teratai, daunnya dan juga bunganya menempel di permukaan air. Tentang ukuran besar kecilnya, tergantung spesies dan ketersediaan unsur haranya dalam tanah. B e g i t u ...

nge_507 said...

setuju.....bunga seroja itu beda dengan teratai....

banyak kok artikel yg membahas tentang perbedaan seroja, lotus dan teratai...

Link dari Anonymous juga salah satu buktinya...

Kalo lagu Bunga Seroja paling populer waktu dibawakan oleh Iis Dahlia, sangat mendayu2....waktu di bawakan oleh Veris Yamaro lagu ini makin banyak dinyanyikan oleh anak2, harusnya di anak2 bisa nyanyi kayak gini, dari pada lagu dewasa jaman sekarang....Huuueehh....

dArKeR said...
This comment has been removed by the author.
dArKeR said...

Bunga seroja dan teratai itu beda...

Seroja - lotus
teratai - waterlily

ramai yang keliru tentang dua bunga ini... malah ramai yang menganggap bunga lotus itu bunga teratai...

info :

http://id.wikipedia.org/wiki/Seroja

http://id.wikipedia.org/wiki/Teratai

http://anislotus.wordpress.com/2012/02/19/perbedaan-bunga-lotus-dan-bunga-teratai/

http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2011/04/05/mengenal-teratai-dan-seroja-353232.html


Agus Ishak said...

Kalau menurut saya kayanya lebih condong bunga Kamboja begono hehehe. Karna penghormatan ke para pahlawan hee

Salvatore1001 said...

Sebagai sanggul itu mungkin cuma kiasan saja. Apalagi lagu Melayu sarat akan puisi. Oiya, sebelum dengar lagu dari film "Laskar Pelangi" ini, saya dulu sudah dengar versi yang dinyanyikan oleh grup nasyid kondang Malaysia-Singapura tahun '80-an bernama "Al Jawaher" (bisa dicari di Youtube). Menurut saya bagusan yang versi Al Jawaher & Laskar Pelangi ini... daripada yang versi Iis Dahlia atau bahkan versi aslinya. :D