Tuesday, October 21, 2008

Karat dan kadar emas


Karat. Apa yang terlintas di benak anda saat mendengar kata tersebut. Saya yakin diantara anda semua ada yang berpikir tentang emas. Sebagian lagi akan berpikir tentang besi.

Namun saat ini saya sedang tertarik pada ‘karat’ emas.

Emas sekarang sedang jadi trend. Entah itu untuk investasi atau untuk perhiasan. Atau kedua-duanya. Sebetulnya ini bukan cerita baru. Namun semenjak dunia sekarang akrab dengan krisis ekonomi dan inflasi. Orang mulai menengok emas sebagai media investasi yang (katanya) harganya stabil dan selalu naik. Saya sendiri tidak begitu mengerti tentang emas sebagai perhiasan. Yang saya tahu emas adalah salah satu logam mulia yang memiliki simbol kimia Au (dari bahasa latin Aurum), mempunyai nomor atom 79 dan berat atom 196,97.

Seumur hidup saya belum pernah memiliki emas. Pertama karena saya laki-laki, dan kedua karena saya memang tidak suka emas. Menurut saya emas tidak indah. Namun saya sedikit tergugah ingin tahu lebih banyak saat heboh tentang pemalsuan karat dan kadar emas. Ngeri juga bila ingin membeli emas tapi tidak tahu banyak tentang informasi seputar emas. Tentang karat, kadar, harga.. bisa-bisa jadi korban penipuan. He..he..

Di Indonesia memang belum jelas penentuan dan patokan hubungan karat dengan kadar kandungan emas. Hampir setiap toko emas berbeda-beda mengenai karat ini. Terutama toko emas yang berbeda daerah. Misal antara di Jakarta dengan di Jawa (tengah). Bisa terjadi disatu toko kadar emas 22 karat adalah sekitar 80%, namun di toko lain emas 22 karat hanya berkadar 70%. Sehingga harga emas dengan karat yang sama akan berlainan antara satu tempat dengan tempat lain.

Karat adalah tetapan yang biasa digunakan untuk menyebutkan kadar kandungan emas. Untuk mengenal emas, kita terlebih dahulu mengenal istilah " kadar " dalam emas. Kadar merupakan tingkat keaslian emas, atau jumlah kandungan kemurnian emas. Kadar emas dinyatakan dalam "karat". Kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Jadi emas kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23/24 X 100% atau sekitar 95,8%. Jadi bila emas kadar 22 karat dengan berat 15 gram maka kandungan emas murninya = 22/24 x 15 = 13.75 Gram.

Untuk mempermudah, sudah tersedia tetapan untuk menentukan karat berdasar kadarnya. Menurut SNI (Standart Nasional Indonesia) - No : SNI 13-3487-2005 standard karat sbb:

Karat Kadar emas
24 K = 99,00 - 99,99%
23 K = 94,80 - 98,89%
22 K = 90,60 - 94,79%
21 K = 86,50 - 90,59%
20 K = 82,30 - 86,49%
19 K = 78,20 - 82,29%
18 K = 75,40 - 78,19%

Dari sini diketahui emas 22 karat akan mempunyai kadar sekitar 90.6% sampai 94.79%. Namun ternyata, pada prakteknya, ketentuan ini tidak digunakan. Seringkali toko emas memiliki ketentuan sendiri yang tidak mengacu pada SNI. Emas dengan kandungan 80% dapat diklaim sebagai emas 22 karat. Itulah mengapa emas di Indonesia selalu lebih tinggi (20-22 karat) dibanding emas di luar negeri (18-19 karat), meski sesungguhnya memiliki kandungan emas yang sama. Emas 20 karat di sini mungkin memiliki kandungan emas yang sama dengan emas 18 karat di luar.

Emas untuk perhiasan biasanya dicampur dengan logam lain. Hal ini karena emas murni (100%) sangatlah lunak dan sulit untuk dibentuk. Logam yang biasa digunakan untuk bahan campuran adalah nikel, tembaga, perak, seng, rhodium dan lainnya. Perhiasan dengan kadar emas 80% menyatakan bahwa kandungan emas dalam perhiasan tersebut adalah 80%, sedangkan 20% sisanya berupa logam campuran bukan emas.

Oleh karena itu janganlah terpaku pada karat. Namun perhatikan kadar kandungan emasnya. Jika anda ingin membeli emas, dan toko emas mengatakan emas anda senilai 20 karat, jangan ragu tanyakan berapa kadarnya dalam %. Karena sesungguhnya yang menjadi patokan harga adalah kandungan kadar emas dalam perhiasan. Semakin tinggi kadar emas dalam perhiasan, akan semakin tinggi pula harganya. Sekali lagi jangan terkecoh dengan karat.

Lalu, bagaimanakah kita mengetahui kadar suatu emas?

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan.

· Dengan Uji Gosok pada Batu, kemudian ditetesi Zat Kimia. Air uji yang digunakan adalah Asam Nitrat, Asam Klorida, Dan Campuran keduanya yang disebut air raja (aqua regia).

· Pengujian dengan Gold Tester, Yaitu alat yang dapat mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan, alat ini mudah digunakan namun tidak bisa mendeteksi bagian dalamnya.

· Pengujian dengan berat jenis, setiap benda mempunyai berat jenis atau SG (specifik gravity). Emas dapat dengan mudah dikenali dengan mencari berat jenisnya. Berat jenis adalah Masa Zat itu dibagi Volumenya.
Prosedur pemeriksaan dengan berat jenis adalah pertama kita tentukan berat emas kering ( ditimbang diatas timbangan ), kemudian kita tentukan berat emas jika ditimbang dalam air ( Berat Basah). Berat kering - Berat Basah = Volume. Jadi Berat jenis = berat kering/(berat kering-berat basah). Setelah kita tahu Berat jenisnya kita tinggal lihat tabel untuk mengetahui karatasenya.

Ada lagi istilah lain untuk emas. Yaitu emas putih. Selama ini kita (termasuk saya) telah salah kaprah menganggap emas putih adalah platina. Ternyata emas putih bukan patina. Meskipun platina juga merupakan logam mulia.

Emas putih adalah campuran emas dan logam lain yg berwarna putih seperti nikel (Ni), perak (Ag), palladium (Pd), platinum (Pt) atau rhodium (Rh). Adanya campuran logam2 putih ini akan mengubah warna emas dari kuning menjadi putih. Emas putih supaya warnanya cemerlang maka perlu disepuh (plating) dengan rhodium. Lama-lama platingnya ini akan hilang sehingga emas putih perlu disepuh lagi dengan rhodium supaya warnanya cemerlang.

Platina juga bisa digunakan untuk perhiasan. Platina (Pt) adalah logam berwarna putih. Dalam perhiasan, satuan kemurnian platina dinyatakan dengan Pt900, Pt950 dan Pt1000. Pt900 artinya perhiasan tersebut mengandung platina 90% (900 from 1000). Umumnya yang digunakan dalam perhiasan adalah Pt900 dan Pt 950, meski ada juga Pt 1000 (platina murni). Platina 2 kali lebih berat daripada emas. Harga pergramnya 2-2,5 kali lebih mahal daripada emas. Jadi untuk desain yg sama (bentuknya sama) maka cincin platina akan lebih mahal 4-5 kali daripada emas. Oleh karena itu gelang atau kalung dari platina akan sangat jarang ditemui karena harganya sangat mahal. Platina warnanya tidak akan pernah pudar.

Sekarang ini platina banyak digunakan sebagai cincin kawin. Hal ini karena emas haram di pakai laki-laki muslim. Oleh karena itu platina digunakan sebagai pengganti emas.

Artikel terkait
http://emaskita.com/caraujiemas.html


23 comments:

wisnoe said...

wah, cincin kawin pake platina.
sayangnya aku ga tau pas merit dulu. jadinya ga kepakai deh cincin emasnya.
atau untungnya ya...
:-D

wahyu said...

yo wis.. Lain kali bikin cincin kawinnya pake platina..

Anonymous said...

kalau platina sama emas putih tu sama?

wahyu said...

emas putih berbeda dengan platina. emas putih adalah emas yang dicampur dengan logam nikel, perak, palladium, platinum, atau rhodium. jadi emas putih tetap mengandung emas..

semoga membantu

Anonymous said...

Saya punya PLATINUM batangan JOHNSON MATTHEY,999.9% logo Tapal kuda, 32 ounces troy. tapi ga ada sertifikatnya...kira-kira bisa di hargain berapa? sekalian kalo ada yang mau bantu jualin...komisi 5%... kirim email:titik_komaku@yahoo.co.id

Anonymous said...

Saya punya PLATINUM batangan
JM,logo Tapal kuda,
JOHNSON MATTHEY Assayers & Refiners, 9999
16 ouncestroy, AS....
tidak ada sertifikatnya
Jual di bawah harga pasar
Harga pasar USD 1.200,- / oncetroy
Yang berminat bisa email ke butan1688@yahoo.com

Anonymous said...

platina tapal kuda? test dulu di situsnya...baru kita tau palsu atau tidak...karena yg palsu juga banyak tuh dipasaran...;-(

icha ajah

Anonymous said...

Saya jg punya seperti yg mbak Titik, 32 ounce troy, azl 18 london, 99.99 persen, no. Seri PT 57182 tapal kuda. Mau nego 10jt per ons. Hub. 081935183501 tejo

Anonymous said...

gimana caranya kita tau cincin itu emas putih atau platina?

Anonymous said...

mu tanya, klo kondisinya beli emas kuning di A kadar 75 %..trus di jual ke kota B dalam tempo yg gk beda jauh ( kurang dari 6 bln ) katanya kog nilaui jual kembali emas kota A bernilai lbh tinggi dari harga beli emas 75 % di kota B ? gmn yah itu penjelasaanya ? soalnya jd muncul neh asumsi masyarakat bahwa beli emas di kota A tar dijual lg di kota B nantinya akan dpt untung...mohon bantuan penjelasannya.THX

chynta said...

dimana bisa pesan cincin kawin platina?

Anonymous said...

eh.. salah pak, laki2 muslim itu hanya diperbolehkan menggunakan perhiasan dari emas dan diharamkan diluar dari itu. kebalik anda.

Anonymous said...

bisa minta copy tabel kadar emasnya? email andreasniceguy398@yahoo.com

thanks

Arashi Kensho said...

platinum asli ap palsu??

justin said...

@Arashi Kensho

saya punya platinum asli pak, beratnya hanya skitar 400gram. hanya 1 batang, jika anda tertarik email ke saya .
v_forhuman@yahoo.co.id 24jam online.

Dimas said...

@Anonymous

Laki2 muslim diharamkan memakai emas dan sutra, silahkan dilihat hadistnya.. Ws...

Anonymous said...

saya ingin belajar tentang nentuin kadar emas, gmn en dimana?

Anonymous said...

apa benar emas murni 24k kadarnya bisa hilang?? kalau ia kenapa bisa hilang??

Anonymous said...

emas 24k dicuci dengan asam jawa, kadar emasnya jadi hilang. apa benar???

Alfian Syah said...

met pagi,, mas saya mau tnya cara membedakan platina dengan emas putih/ perak gmn ??
karna saya pnya peralatan laboratorium yang terbuat dari platina, tp bnyak yang bilang itu adalah perak. mohon penjelasannya. terima kasih.

Anonymous said...

Hitungan volumenya kok aneh, apa ga kebalik tuh (Berat Kering - Basah = Volume)?? Hasilnya Minus donk...

Kalo uji berat jenis beton biasanya begini :
- Beton direndam sampe ga keluar gelembung (basah apa itu ya namanya,lupa)...
- Beton diangkat & dibiarin sampe tetesan air hilang (bisa di lap)
- Beton ditimbang...

Abis itu :
- Beton masuk oven dengan suhu tertentu (kira2 120derajat celcius) selama 24 jam...
- Beton dikeluarin dari oven & ditimbang...

Hasilnya = Berat Basah - Berat Kering...

elnusayunus said...

Akhirnya harus aku lepas lagi,habinya istriku ngeyel di bilangin gak boleh pakai,tetep aja aku suruh pakai
Makasih ya bos,infonya

Ulfa Fauziyah said...

kalo dikalung ada cap 23A artinya apa ya???. dulu ortu beli di Bima, NTB.. nota hilang n mau dijual.. makasih infonya...