Thursday, June 5, 2008

Bumi Tanpa Gravitasi..

Gravitasi adalah satu dari sekian banyak hal yang mau tidak mau kita alami dan terima. Dan ada dua hal tentangnya yang telah kita ketahui, kenyatan bahwa gravitasi itu ada, dan kenyataan bahwa dia tidak pernah berubah. Jika gravitasi bumi pernah mengalami perubahan secara significant, hal itu akan menyebabkan efek yang luar biasa karena sangat banyak benda yang dibuat berdasar keadaan gravitasi yang tetap.

Sebelum melihat pada perubahan gravitasi, sangat berguna untuk mengerti lebih dulu apa itu gravitasi. Gravitasi adalah gaya tarik menarik antara dua atom. Katakanlah dua bola golf yang diletakkan di atas meja. Akan terdapat gaya tarik gravitasi yang ringan antara atom-atom pada kedua bola golf tersebut. Jika digunakan dua potong timah masive dan beberapa intrument yang luar biasa presisi, akan dapat dihitung gaya tarik tak terlihat antar keduanya. Hanya jika melibatkan jumlah atom yang sangat besar, seperti pada planet bumi, gaya tarik gravitasi akan sangat significan.

Alasan kenapa gravitasi bumi tidak pernah berubah adalah karena masa bumi yang tidak pernah berubah. Satu-satunya cara untuk merubah gravitasi bumi aadalah dengan merubah masa planet. Perubahan pada masa bumi yang cukup besar untuk menghasilkan perubahan pada gravitasi tidak akan terjadi kapanpun dalam waktu dekat.

Dapatkah kita selamat tanpa adanya gravitasi??

Mari kita hiraukan fisika dan bayangkan bahwa pada suatu hari gravitasi planet tidak bekerja. Dan tiba-tiba tidak ada gaya gravitasi pada planet bumi. Ini akan mengantarkan pada hari yang buruk. Kita mengandalkan gravitasi untuk menahan semua benda pada tempatnya. Mobil, orang-orang, furniture, pensil, dan kertas di meja anda, dan masih banyak lagi. Segalanya yang tidak melekat pada tempatnya tidak mempunyai alasan untuk tetap ditempatnya, mereka akan mulai mengapung. Tapi ini bukan hanya furnitur dan semacamnya yang akan mengapung. Dua hal yang paling penting yang tertahan di bumi karena gaya gravitasi, udara dan air juga akan mengapung. Tanpa gravitasi, udara di atmosfir tidak lagi memiliki alasan untuk tinggal, dan mereka akan segera terbang ke luar angkasa. Inilah masalah yang terjadi di bulan, bulan tidak mempunyai gaya gravitasi yang cukup untuk menahan atmosphir pada permukaannya, sehingga keadaan di bulan menjadi vakum. Tanpa atmosphir, semua benda hidup akan mati dengan segera dan semua cairan akan menguap ke luar angkasa.

Dengan kata lain, tak ada yang bertahan jika planet tidak mempunyai gravitasi.

Jika gravitasi menjadi dua kali lipat, akan sama buruknya. Karena berat apapun akan menajdi dua kali dari semula. Akan terjadi masalah yang besar pada semua stuktur bangunan. Rumah, jembatan, gedung tinggi, meja, dan semuanya. Banyak struktur yang akan hancur jika anda menaikkan beratnya dua kali lipat. Pohon dan tanaman akan mempunya masalah. Tekanan udara akan naik dua kali, dan itu akan menyebabkan efek yang luar biasa terhadap cuaca.

Semua kenyataan ini menunjukkan bagaimana pentingnya gravitasi bagi dunia. Kita tidak akan bertahan hidup tanpa gravitasi. Untungnya kita tidak bisa berbuat sesuatupun untuk merubah gravitasi.

No comments: