Wednesday, August 6, 2008

Dapatkah kita memiliki dua buah jantung...?

Tubuh manusia sebetulnya sangat luar biasa. Di setiap titik dan tempat terdapat banyak proses biologi yang sedang berjalan, misalnya pencernaan, respirasi, metabolisme, dan pertahanan tubuh terhadap invasi bacteri. Tiap-tiap sistem dan bagian tubuh yang berbeda bekerja bersama-sama untuk menciptakan keadaan yang seimbang demi menjaga tubuh bekerja optimal. Jumlah gula darah yang tepat, jumlah elektrolit yang cukup dan masih banyak lagi.

Sekarang.. pernahkah anda bertanya bagaimana tubuh manusia bisa tercipta sedemikian rupa. Kenapa tubuh memiliki beberapa organ identik lebih dari satu sementara yang lainnya hanya satu. Kenapa kita hanya memiliki satu buah jantung, sementara kita memiliki dua buah paru-paru yang dua-duanya mempunyai tugas yang sama. Dua lambung yang juga melaksanakan tugas yang sama. Kalau tugas yang dikerjakan sama, kenapa harus dua. Kenapa tidak satu saja. Kenapa jantung kita hanya satu? Bagaimana jika kita mempunyai dua buah jantung?

Anda mungkin membayangkan mempunyai dua organ yang sama adalah berlebihan. Tapi para ahli di Indiana University, mengatakan bahwa kita membutuhkan dua set organ agar mereka dapat bekerja secara sempurna. Meskipun satu saja dapat berfungsi dengan baik, namun proses yang dijalankannya tidak dapat berjalan penuh sesuai kapasitasnya. Selain itu juga tubuh dapat menderita karena mesti bekerja ekstra. Sebagai contoh, anda dapat melihat dengan hanya satu buah mata. Tapi hal ini tidak dapat memberikan persepsi secara penuh, dan anda akan menabrak sesuatu lebih sering bila menggunakan dua buah mata.

Nah.. sekarang jka kita mempunyai dua set organ yang sama agar berfungsi sesuai kapasitas, maka apa yang terjadi jika kita memiliki dua buah jantung?

Bila seseorang yang mempunyai dua buah jantung berolah raga, maka perkembangan otot akan lebih cepat dibanding orang normal yang memiliki sebuah jantung. Hal ini karena darah yang mengalir akan semakin cepat dan banyak. Semua sistem yang lainnya juga akan ikut meningkat performanya. Otak akan disuplai banyak darah dan oksigen sehingga kemmapuannya juga akan meningkat. Singkat kata, jika manusia memiliki dua buah jantung, maka dia akan lebih kuat, lebih tahan dan lebih cerdas.

Yang menarik adalah, secara teori adalah mungkin bagi kita untuk memiliki dua buah jantung. Jika bisa memaksimalkan penggunaan dua jantung tersebut, maka kita akan tumbuh menjadi manusia super kuat dan cerdas. Ketika manusia masih dalam tahap perkembangan embrio, sebenarnya kita telah memiliki dua jantung. Jantung primordia ini (cikal bakal jantung) sebenarnya dua buah, yang akan bersatu kemudian menjadi satu jantung dengan empat ruang. Para Embriologist antara tahun 1920 sampai 1930-an mencegah jantung primordia bersatu pada embrio katak. Hasilnya katak tumbuh dengan dua buah jantung yang terpisah.

Hal yang sama juga terjadi dengan mata kita. Pada awalnya manusia hanya memiliki satu buah mata primordia yang akan memisah membetuk dua buah mata identik. Jika pembelahan mata primordia ini dicegah, maka akan didapatkan manusia dengan hanya satu buah mata, layaknya cyclops.


Nah.. sekarang apakah anda ingin mempunyai dua jantung dan menjadi manusia super pembela kebenaran???


Inspirasi:
1. http://www.nature.com
2. www.howstufworks.com

No comments: