Wednesday, October 24, 2007

Geng Motor Bandung

Baru-baru ini saya membaca berita di berbagai media tentang ulah para anggota geng motor di kota kembang Bandung yang sudah sangat meresahkan. Tawuran, pengeroyokan dan pemukulan sudah menjadi aktivitas yang rutin mereka lakukan. Bahkan orang yang tidak bersalah dan tidak tahu apa-apa kerap menjadi korban aksi brutal para anggota geng motor yang sebagian besar masih ABG (Anak Baru Gede) ini.

Saya menjadi penasaran apa sih yang dimaksud dengan geng motor? Di Jakarta sendiri banyak perkumpulan-perkumpulan sepeda motor seperti Yamaha Jupiter Owner Community (YJOC), Honda Tiger Bikers Club (HTBC), Jakarta Mio Club (JMC), dan masih banyak lagi perkumpulan-perkumpulan sejenis. Apakah ini sama dengan geng motor yang telah membuat Bandung geger? Jika beda, dimana letak perbedaannya?

Di picu rasa penasaran dan keingintahuan, saya pun rela memelototi monitor PC berjam-jam guna mencari informasi terkait.

Ada beberapa tulisan yang membahas tentang seluk beluk dan tingkah polah para anggota geng motor Bandung, namun yang paling lengkap adalah tulisan Mulyani Hasan yang dalam dan detail tentang sejarah geng motor Bandung.

Disini sedikit saya kutip artikel tersebut, saya pilih yang cukup memberikan informasi tentang geng motor kota bandung. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat di situs blog Mulyani Hasan http://mulyanihasan.wordpress.com/2007/04/27/geng-motor-di-bandung/.

Ada empat geng motor yang paling besar di Bandung yakni Moonraker , Grab on Road (GBR), Exalt to Coitus (XTC) dan Brigade Seven (Brigez). Keempat geng itu sama- sama eksis dan memiliki anggota di atas 1000 orang. Kini mereka mulai menjalar ke daerah- daerah pinggiran Jawa Barat, seperti Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Ciamis, Cirebon dan Subang.

Kita mulai saja dengan Moonraker. Inilah konon ruh dari semua geng motor di Bandung. Moonraker lahir pada tahun 1978. Sel-sel komunitas ini, dirajut oleh tujuh orang pemuda yang sama-sama hobi balap.

Nama “Moonraker” diambil dari salah satu judul film James Bond yang kondang ketika itu. Awalnya mereka mengusung bendera berwarna putih-biru-merah dengan gambar palu arit di tengahnya. Namun, karena pemerintah Indonesia saat itu melarang ideologi tertentu yang identik komunisme (yang bersimbolkan palu arit), mereka lalu mengganti bendera kebanggaannya dengan warna merah-putih-biru, bergambar kelelawar. Gambar ini mereka adopsi dari lambang “Hell Angel”, sebuah kelompok motor di Amerika Serikat. Kelompok ini konsisten dengan sistem keorganisasiannya. Setiap tahun ada penggantian kepengurusan dan membuat program-program kerja. Struktur Organisasinya terdiri atas Divisi Balap, Panglima Perang (Paper), dan Tim SWAT atau regu penyelamat.

“Panglima Perang” mungkin terdengar unik dalam sebuah organisasi pencinta motor. Istilah ini biasanya digunakan oleh lembaga keamanan atau kelompok bersenjata. Di Moonraker sendiri, Panglima Perang bertugas mengkoordinir anggota pada saat terjadi tawuran, atau sebagai pembuat keputusan pada saat terjadi bentrok dengan kelompok lain. Jika ada keputusan perang, informasi menyebar ke seluruh anggota paling lama dalam waktu 24 jam.

Bagi para pembangkang yang melanggar tata tertib organisasi, sudah disiapkan tempat yang mereka sebut dengan nama “Sel 13,” semacam mahkamah pengadilan. Tempat ini paling dihindari oleh semua anggota. Jangan mengharap sebuah proses hukum layaknya sebuah lembaga pengadilan. Di sini para pembangkang itu akan mendapat penyiksaan dari senior-seniornya.

Kategori pelanggaran itu antara lain memakai dan mengedarkan narkoba, bertindak melanggar hukum dan menjalin hubungan kasih dengan sesama anggota Moonraker. Pengikut Moonraker semakin lama, terus membengkak. Kini tercatat anggotanya mencapai 1.400 orang, tersebar di berbagai wilayah.

Menurut Dandy Alfandy, salah satu pentolan Moonraker, sejak awal kelompok ini berorientasi pada balapan. Konflik dengan geng XTC (musuh terbesar Moonraker) pertama kali dipicu saat berlangsung kompetisi Road Race piala Djarum Super tahun 90-an. Persoalannya sepele saja, hanya senggol-menyenggol di arena balapan, entah siapa yang memulai. Puncaknya, terjadi tawuran besar-besaran antara ke dua geng ini pada tahun 1999. Satu orang meninggal dunia pada peristiwa itu. Hingga kini dendam sejarah itu masih mengendap dari generasi ke generasi.

XTC punya anggota lebih banyak dari Moonraker. Siapa mereka? XTC atau Exalt To Coitus lahir pada tahun 1982 oleh 7 orang pemuda. Belakangan nama itu diganti menjadi Exalt To Creativity, karena nama semula agak berbau porno. Mereka membawa bendera berwarna paling atas putih-biru muda-biru Tua. Di tengahnya ada gambar lebah yang melambangkan solidaritas antar anggota. Bila salah satu di antara mereka ada yang diserang, maka yang lainnya akan membela.

Mereka kini mendirikan Sexy Road Indonesia, kumpulan gengster XTC se-Indonesia yang berpusat di Bandung, untuk memfasilitasi anggotanya yang sudah melebihi 10.000 orang. Tak hanya Moonraker sebenarnya. Brigez dan GBR, juga menyatakan permusuhannya terhadap XTC. Brigez yang paling antipati terhadap geng yang satu ini. Asal muasal terjadinya permusuhan tidak jelas sampai sekarang. Namun, baik XTC maupun Brigez menyatakan perang satu sama lain hingga saat ini.

“Setiap gengster ingin menjadi yang nomor satu, kenyataannya kami memang yang paling banyak anggotanya,” ujar Ari Rinaldi, salah satu anggota XTC mencoba menjawab alasan mengapa XTC banyak dimusuhi oleh geng lain. Ari Rinaldi tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung. Pasukan ini juga memiliki Koordinator Perang, untuk mempermudah koordinasi jika terjadi tawuran atau pada saat akan melakukan perbutan wilayah. Perebutan wilayah termasuk upaya dalam rangka memperluas daerah kekuasan dan meningkatkan prestise dikalangan gengster. Menurut Felix, penyerangan biasanya dilakukan diam-diam ke basis-basis lawan.

Anggota XTC, banyak anak-anak dari lingkungan TNI atau Polisi. Tak heran, jika terjadi perang senjata api banyak beredar.

Lalu, mengapa geng motor identik dengan kekerasan?“Itu karena aparat yang menciptakan. Mereka sering main gebuk sembarangan. Kami memang sering merampas motor milik geng lain saat bentrok, istilahnya rampasan perang. Tapi motor itu langsung kami bakar, tidak dijual atau dimiliki oleh salah satu dari kami,” kata Iskandar. “Mungkin bagi polisi tindakan itu termasuk kriminal, tapi menurut kami bukan,”tambahnya.

Iskandar termasuk pentolan XTC, ia juga ketua sebuah lembaga yang bergerak di bidang penyediaan jasa pengamanan, Bodyguard Security Service (BOSS). Markas BOSS dulu sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak XTC. Dalam pertemuan itu, ketua XTC Avi Vabio akrab dipanggil Pepi, juga ada. Usianya jauh lebih muda. Ia ternyata salah satu karyawan bank berplat merah di Jawa Barat.

Dadan salah seorang anggota XTC mengatakan bahwa telah terjadi selisih paham di antara anggota XTC sendiri. “Ada kelompok yang berusaha memanfaatkan massa XTC untuk kepentingan politik. Padahal harapan kami, ada ruang untuk berkreatifitas,” ujarnya. Malam itu Dadan membawa anak laki-lakinya yang masih berusia sekitar 2 tahun. Pepi mengaku sering diajak berunjukrasa dengan iming-iming uang. “Kami bahkan pernah terlibat dalam tim sukses Aa Tarmana, kandidat Walikota Bandung, tapi kalah,” kata Pepi. “Beberapa partai politik pernah meminta massa dalam jumlah tertentu untuk kampanye. Pada pemilu 2004, partai Demokrat juga meminta massa. Biasanya kami dibayar per kepala, ya lumayan lah..”Beberapa hari lalu mereka juga mengirim 200 motor pada perayaan ulang tahun Partai Demokrasi Pembaruan di Lapangan Gasibu Bandung.

Tidak menutup kemungkinan pada kampanye-kampanye atau unjukrasa itu bertemu dengan geng motor lain. Tapi kalau dalam urusan ini, mereka memilih damai.

Pertengahan 2003, XTC melakukan penyerangan sensasional. Mereka menyerang kantor kepolisian Wilayah Kota Besar (Polwiltabes) Bandung. Semua anggotanya tumpah ruah mengepung kantor Polwiltabes. Mereka kecewa karena tidak diberi izin pada saat mau mengadakan bakti sosial, akibat ada kesalahpahaman antara poilsi dengan panitia. Polisi tak bisa berbuat banyak menghadapi ribuan massa yang memadati Jalan Merdeka sepanjang kurang lebih 3 Kilo Meter. Beberapa orang yang dituduh provokator ditahan di kantor Polwiltabes Bandung.

“Kalau gak ada XTC ya gak rame, gak akan terjadi perang,” Iskandar menambahkan. Tapi ia menitip pesan untuk para aparat: “tolong rangkul kami, masa GAM dengan RI saja bisa berdamai?”

TAHUN 1980-an juga ditandai kelahiran Brigez dan GBR.

Brigez lahir di SMUN 7 Bandung, sesuai dengan namanya Brigade Seven. Sejak masih embrio pada tahun 80-an geng ini merupakan rival terberat XTC. Awal terbentuknya tak lebih dari hanya sekadar kumpul-kumpul biasa. “Kami hanya ingin bebas menjalankan motor, tidak pakai helm, tidak pakai lampu apalagi rambu-rambu,” kata Ilmanul, salah satu pendiri Brigez. Dulu geng ini hanya beranggotakan tidak lebih dari 50 motor. Kini pengikutnya mencapai ribuan motor dan tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat. Sistem pengorganisasiannya tidak jelas. Tidak ada pengurus, hanya ada ketua yang bertugas mengkoordinir saja.

Warna bendera negara Irak tanpa huruf Arab di tengahnya, menjadi lambang identitas kelompok ini dengan kelelawar hitam sebagai simbolnya. Nama Brigez acapkali diplesetkan menjadi Brigade setan atau Brigade Senja, karena mereka sering nongkrong bersamaan dengan kepulangan sang surya.

Berbeda dengan XTC, Brigez identik dengan sikap anti birokrasi. Mereka menolak bersimbiosis dengan lembaga plat merah atau ormas bentukan kelompok politik tertentu. Menurut Ilmanul, lamaran dari Ormas Pemuda Pancasila untuk bergabung, ditolaknya mentah-mentah. Kalau pun ada anggotanya yang menjadi kader partai, itu lebih bersifat individu dan tidak membawa bendera Brigez. Bersamaan dengan Brigez, muncul pula Grab on Road (GBR). Yang berbeda, geng ini dilahirkan di lingkungan SMPN 2 Bandung. Mereka tak rikuh kebut-kebutan, sekalipun banyak yang belum pegang surat ijin mengemudi.

Kelompok ini mengidentifikasi diri dengan segala sesuatu berbau Jerman, paling tidak warna benderanya hitam-merah-kuning (urutan dari atas ke bawah). Meski lahir di SMPN 2 Bandung, anggota GBR beragam. Bukan hanya siswa atau alumni sekoah itu saja, tapi kalangan umum lain.

Supiana, Pebina Urusan Kesiswaan SMPN 2 Bandung, menolak sekolahnya diidentikan dengan geng. “Tidak ada fakta bahwa GBR berdiri di SMPN 2,” ujarnya. Namun ia membenarkan halaman sekolahnya dijadikan tempat bergerombol pada sekitar tahun 80-an.

MASUK ke dalam komunitas ini tidak cuma-cuma. Calon anggota Moonraker, misalkan, tak jarang diwajibkan mengendarai motor tanpa rem dari Lembang hingga Jalan Setibudhi Bandung. Jaraknya sekitar 15 kilometer.

Kalau tidak disuruh ngebut tanpa rem, anak baru dipaksa berkelahi dengan seniornya. Pendeknya, mereka tampil pada panggung kehidupan sosial dengan menawarkan model-model kekerasan. Diakui atau tidak, itulah pola yang terbentuk melalui berbagai gerakan yang mereka tampilkan. Tindakan kekerasan seperti kebutuhan spritual untuk membentuk identitas kelompoknya.

“Tindakan melanggar hukum memang ada, hanya agar orang lain tahu bahwa kami ada,” kata Ilmanul, anggota Brigez itu. Ia kini berusia 27 tahun dan kini berwiraswasta. “Kalau soal membuka jalan dan memukul spion mobil orang, itu biasa dan sering dilakukan pada saat konvoi. Ada juga yang mencuri, tapi uangnya digunakan rame-rame untuk pergi keluar kota atau konvoi,” tambahnya. Setiap geng memang tidak membenarkan tindakan itu, tapi ada tradisi yang tidak tertulis dan dipahami secara kolektif bahwa tindakan itu adalah bagian dari kehidupan jalanan. Apalagi jika yang melakukannya anggota baru yang masih berusia belasan tahun. Mereka “mewajarkannya” sebagai salah satu upaya mencari jati diri.

Yopi, anggota GBR berusia 25 tahun, punya pengalaman yang membuat jantungnya bertabuh. Pada suatu malam di Jalan Cihampelas, dia bersama seorang temannya menghadang dan mengancam seorang pengendara motor. Setelah berhasil mematahkan keberanian orang itu, ia dan temannya justru bingung mau melakukan apa. Akhirnya keduanya sepakat untuk mengambil uang secukupnya dari dompet korban, lalu kabur sekencang-kencangnya. “Deg-degan, tapi puas karena gak tertangkap polisi,” kenang Yopi seraya tersenyum lebar.

Ada juga inisiasi yang lain. Untuk menjadi anggota senior, misalkan. Ia tidak cukup dengan berapa lama dia bergabung di geng itu, tapi butuh pembuktian bahwa orang itu berani melakukan hal yang paling beresiko sekalipun. Semakin tinggi resiko yang dia ambil, semakin tinggi pula penghormatan atas dirinya Senior adalah kedudukan penting bagi geng. Seorang senior mempunyai keleluasaan dalam hal apapun. Ia juga mempunyai hak menentukan keputusan terhadap para junior. Kedudukan senior bahkan lebih tinggi di atas ketua geng. Senior bisa memutuskan salah atau benar dan menghukum junior dengan caranya sendiri.

Wendy Pranandha, anggota GBR, mengatakan peran senior amat menentukan. Sekali saja ada anggota yunior tidak kelihatan kumpul wajib setiap malam minggu, si senior akan menghajar sesuka hatinya, tak peduli alasan apapun. Kekerasan seolah mewakili spirit mereka. Mungkin juga mereka menganggap itu pilihan
gaya hidup.

PERLU dibedakan antara geng motor dengan Club Motor. Geng motor adalah kumpulan orang-orang pecinta motor yang doyan kebut-kebutan, tanpa membedakan jenis motor yang dikendarai. Sedangkan Club Motor biasanya mengusung merek tertentu atau spesifikasi jenis motor tertentu dengan perangkat organisasi formal, seperti HDC (Harley Davidson Club), Scooter (kelompok pecinta Vesva), kelompok Honda, kelompok Suzuki, Tiger, Mio.
Ada juga Brotherhood kelompok pecinta motor besar tua. Tapi kalau soal aksi jalanan, semuanya sama saja. Kebanyakan sama-sama merasa jadi raja jalanan, tak mau didahului, apalagi disalip oleh pengendara lain.

sumber: http://mulyanihasan.wordpress.com/ ; http://www.tempointeraktif.com/


104 comments:

mulyani said...

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

Salam

-yani-
mulyanihasan.wordpress.com

Anonymous said...

XTC JUara !!!!!!!!!!!
M2R Anjink!!!!!!!!!!!

Anonymous said...

insyaf" woy anggota" gank motor. mw jd apa si kalian???
mw mati konyol yah????
kalo gt crax . neraka menanti kalian tuh !!!

m2r said...

XtC taI aNjiNK,,,,,.BAbI huTAn!!!xTc EwEH NyaLi na,,.xTc JUArA tP ka GA JuAra DjLnn Tp JUaRA nGEnTot!!!HAHAHAHAH

mOONraKer Nu aInK,,,xTc Nu BinaTAng!!!

wahyu said...

siapapun bebas untuk mangunjungi, mengambil manfaat dan berkomentar di blog ini. namun tolong gunakan bahasa yang baik dan sopan..

Bahasa mencerminkan kepribadian.

Anonymous said...

moonraker,telah melakukan perampokan motor dan penganiayaan.sekitar jam 10 an malam tgl 12 juni hari jumat...tolong jangan seperti itu..sangat meresahkan..sebagai manusia janganlah seperti itu...orang susah buat beli motor dirampas begitu saja..tolong manusiawinya...klo mau jadi yang terhebat bukan menganiaya orang......segera kembalikan motor dompet hp,stnk,dll..

Anonymous said...

di daerah pasteur dekat btc bandung...

Anonymous said...

moonraker biang dari masalah oleh karena itu harus dibasmi, xtc mah ulah

Grabers said...

Gandenk lh sia 1
Ainx budak GBR cvz,grab on road be number 1

Anonymous said...

xtc nomer hiji


gbr
m2r
brz tai anjing

Anonymous said...

XTC KARAWANG YEUH

Anonymous said...

moonraker paling tua...cing saropan atuh ka aing,,,bisi d bantai kabeh geura@!!!

Anonymous said...

Kabeh oge geng pengecut...ketua2 jeung senior2 na duel jeung aing hiji lawan hiji lah....wani teh maen gulung...fuck u all.....

Anonymous said...

All geng Tai...

Anonymous said...

Brz Karawang 324.

merah darahku
putih tulangku
hitam jiwaku

Xtc, Gbr dan Moonraker adalah musuhku.
Tai anjink!!!!

Anonymous said...

apakah kaliah tidak memikirkan masa depan kalian

brigez 305 said...

we are the black jaket just life for B . . .. no think for other . . .XTC=xerak tai coy . .kumpulan anak mamah yang berani nya keroyokan sama persis lambang yg d anut . . .GBR=gerombolan bencong rese . . .selalu berani nya tereak aj ribut pun berani nya keroyokan malum geng anak smp mejeh@na bangor d teke mah leweh . . .dari kita untuk kita brigez berjaya . . . . terus exsis brigez 324 kami selalu d ad buat mu

Anonymous said...

selama langit masih biru, bendera XTC kan berkibar selalu . .

brigez tai aink
gbr tai anjing
m2r nothing

XTC hirup ainkk

XTC KRC is back to road

Anonymous said...

BRIGEZ...

BRIGEZ...

BRIGEZ...

eweuhh nu bisa ngeleh keun BRIGEZ
anjinkk...!!!

Anonymous said...

eweuh anjk nu wanieun d bdg mah ngan hiju MOONRAKER !!

Anonymous said...

ckckck bener2 mental para anggota geng motor udah ancur

jr rebel said...

eh koplok garaneng wae di barere duit gera ku aink..............aink monraker kehed ulah ngomongkeun aing bisi di ciwit.bandung garut,tasik,jakarta timur.by_jr rebeL

X_gielank_TC said...

untuk banci2 dari GBR,M2R N KONACK, kalo ngebacot tentang "X T C" jangan hanya lewat tulisan saja
buktikan,anjing..

"X T C"
"X T C"
"X T C"
xtc 4 all

Anonymous said...

beunget...........

redi MI 07 said...

aduh pada ngeributin apa si???????????????????

emang pada makan dari genk ya???

duh kasian!!!!!!!!!!

masih mending kerja dapet duit kaga da yang dirugikan ngroko ngopi............
weeehhh

nikmat pisan dari pada ngaributkeun pepesan kosong.........

sorana wae gede tapi eweuh hasilna.....

Anonymous said...

ASIK KEREN...TERUSKAN !!!!!!! BERANTEM AJA ANAK MUDA !!! CARI JATI DIRI KALIAN !!! BUNUH SEMUA MUSUH KALIAN !!! BANTAI !!! HABISKAN!!! PECAHKAN KEPALANYA !! INJAK!!! SETELAH ITU KLIAN GALI KUBUR DULU RAME"...NTAR MASUK DEH BARENG" !!! LALU NYAMPE DI NERAKA....KLIAN PESTA AJA LAGI DI NERAKA>....BERANTEM LAGI !!! ASIK KAN HIDUP KLO BERANTEM TRUS !! MASIH MUDA GTU LOOO

Anonymous said...

MOONRAKER IT'S MY LIFE...
XTC..BGZ,,GBR GO TO HELL..
MOONRAKER NEVER DIE,,,

Anonymous said...

GANDENG LAH ANJIING SEMUA!!!
BRANINYA CUMA TERIAK2 DOANK!!!
TAI SEMUA

Anonymous said...

XTC DI HATE NEPI KA PAEH ..

XTC_387

Anonymous said...

monraker ci rebon yeh tak mau mengalah mju trus monrakers adun

Anonymous said...

xtc tax akan terhapus dalam negri ini... sebulum kiamat..??

Anonymous said...

salut bwt semua atas loyalitasnya..
inilah hidup!!..tp ingat dulu kita satu knp skr pecah..kita satu dalam membela negara kita..salah siapa klo kondisi anak bangsa seperti ini..apakah keadaan yg membuat kt seperti ini..mereka adalah korban ketidakpedulian dr masyarakat.ayo kita rangkul..bukan dimusuhi atw dicaci maki..mereka punya bakat yg kita tidak pernah sadari karena persepi kita thp mereka negatif..mari kita sama2 bercermin untuk hidup yg lebih baik lagi.

Anonymous said...

pola didik keluarga yang salah...tidak adanya perhatian dr keluarga menjadikan mereka seperti itu,peran orang tua sangat penting!!!..

Anonymous said...

saya mah cuma berharap...
xtc,,m2r,,briges,,gbr... DAMAII
kita ciptakan perdamaiian.. kita jaga tali persaudaraan...
ingat geng motor bukan ajang untuk bela diri !!

PATIH ON ROAD said...

GBR ADALAH RAJA JALANAN YG TUNGGAL !!!!!!!!

BY:GBR JAKARTA

Anonymous said...

M2R SIAP TEMPUR …….
XTC SIAP MUNDURR …..
BRZ SIAP KABUR …….
GBR SIAP HANCURR ……….
MOONRAKER WANIEUN!!!
PeNToeL.z RCK

Anonymous said...

"xTc anU ainK...
"brZ 'taI aNzieNk...
"gBr'nOth!inK...
"m2R'weH k wanI...
"fucK u 'aLL...
'sExY roaD 'tasIkmaLAyA.......

Anonymous said...

HAYA SATU FAKTA GANK YANG BLUM PERNAH ADA YANG MATI OLEH MUSUHYA HAYA GBR " GrAb On RoAd" taya pada gank kalian Berarti kita geng yang kuat.......kalian harus terima itu

Anonymous said...

mau GBR,BRIGEZ,XTC,MOONRAKER
kami warga bandung akan membantai kalian semua yg telah merugikan semua warga bandung
kami akan membalas setiap aksi kalian kepada ORANG TUA KALIAN,ADIK2 KALIAN,SEMUA ORANG YANG KALIAN SAYANGI AKAN KAMI TANGKAP DAN KAMI SIKSA SELAMA KALIAN GENK DI BANDUNG MASIH HIDUP KAMI WARGA BANDUNG AKAN MENYATAKAN PERANG DENGAN KALIAN SEMUA!!!
KOMBES POL IMAM B SUPENO

Anonymous said...

GENG MOTOR ISINYA ANAK2 ALAY SEMUA!!
BERANINYA KEROYOKAN
KALO DISURUH MAN 2 MAN GA ADA YANG BERANI!!
PENGECUT SEMUA!!
SAYA SETUJU KALO POLISI MENEMBAK MATI ANGGOTA GENG MOTOR YANG BERBUAT ONAR
BIAR ANAK2 ALAY YG SUKA CARI RIBUT+CARI MASALAH BERKURANG!
BUAT XTC, BRIGEZ, GBR, M2R MODAR WE LAH MARANEH!

Anonymous said...

Moonraker, Brigez, XTC, GBR, kalian adalah anak-anak bangsat semua yang dilahirkan dari orangtua yang mendapatkan uang dari hasil korupsi jadilah kalian semua anak-anak yang tidak berguna dan menjadi sampah masyarakat.

Vie Holigan said...

HIDUP PERSIB LAH POKO NA MAH....

Anonymous said...

XTC i love you full.hahahahahahahahahahahahah

Anonymous said...

BMC 26 nu aing

Brigade motor comunity cianjur

Anonymous said...

GEUS ATUH DARAMAI UY NGARAH TENANG HIRUP TEH .

Anonymous said...

DEUK XTC
DEUK MOONRAKER
DEUK GBR
DEUK BRZ
NU PENTING MAH PERSIB

Anonymous said...

MO APA KEK NAMANYA SAYA DUKUNG ASAL TIDAK MEMBUAT KERIBUTAN DI KOTA KALIAN SENDIRI SAYA SENDIRI SANGAT INGIN MELANJUTKAN PERGURUAN TINGGI DI KOTA KALIAN TAPI KLOMPOK" KALIAN SLALU MENGGANGGU PIKIRAN SAYA , MENJADI PERTIMBANGAN KEAMANAN UNTUK KSANA , INI TAHUN 2010 JADI BERSIKAPLAH LBIH JERNIH OK COY

SALUTE TO YOU ALL

Anonymous said...

geng motor itu orangnya ganteng2.
klo muka maneh jelek, sok masuk geng motor wae biar jadi ganteng.

pemuda said...

gini nih yg ngehambat pembangunan Indonesia.
gmn mau ngalahin malaysia klo pemuda2nya mental anarkis smua?
gmn mau bersaing ama singapura klo pelajar2nya kerjaannya malakin orang?
gmn indonesia mau jd negara adidaya klo kriminal sdh “dihalalkan” sm rakyatnya?
gmn mau bersihin bandung klo tembok dicoretin smua?
klo mau nyoret yg bagus napa?
ngebom kek, grafiti kek. ini malah coret2 kek ank tk baru megang spidol.

tmen gw di itb udah bbrp orang yg di kena dampak negatif geng motor.
ada yang di keroyok pake samurai trus motornya diambil.
ada yg baru turun dr angkot trs dikeroyokin tanpa sebab.
ada yg dicegat di tamsar trs dompet+atm nya dikuras.
dan yg pasti abis itu MEREKA langsung KABUR.

sadar woy, gmn bangsa mau maju klo kek gitu caranya?

stop geng motor klo cmn bwt ajang sok2an.
masi bnyk ajang bergengsi tingkat nasional internasional yg bisa jd tmpt kita pamer kemampuan dan menyalurkan minat ke hal positif. dan itu tdk hanya membawa nama suatu organisasi ilegal tanpa basis hukum, tp membawa nama Indonesia ke kancah internasional.

klo mau balapan, mending daftar motoGP sono.
klo mau berantem, mending daftar boxing sono.
klo mau nunjukin loyalitas, mending daftar TNI sono.
negara membutuhkan generasi mudanya bwt menyalurkan minatnya ke hal2 positif.
tp klo mau ngejambret mnding masuk penjara dah =P

mana nasionalisme & patriotisme yg dulu di usung mahasiswa2, pelajar2, dan org2 muda ketika jaman kemerdekaan?
jgn ngomong darah merah, tulang putih, klo jiwanya komunis.

maap klo ada yg provokatif, anggap ini cmn sekedar curhat…

Anonymous said...

heg we rek momotoran mah.
ngan tong anarkis.
eta we simkuring mah.

zrud said...

stop kekerasan n berpikirlah scra positif dari nag XTC mhy ....kami ingin menyimpulkan saja bahwa XTC sekarang bukan gangster lagi Xtc adalah comunity yang mementingkan solidaritas XTC adalah club motor yang akhirnya bisa masuk IMI lagi ..................XTC jaya slalu >>>

nuhun ka sadayana >>>>>>^__*

Anonymous said...

Wakakakakak,,,
Anak bandung anak bandung
Pengecut loe pade,,
Brani maen kroyokan
Di sumatera di buang mah orang kyk loe,
Manggil kawan mah disene = bencong berkontol kecil
Masi zaman yah kalah brantem manggil temen?

Kalo loe mrasa kuat,datang ke sumatera sndiri
Trus loe cukup mandang org dgn tatapan sinis,gw jamin loe udah ngapung di laut loe

noah said...

memang ada orang yang dihujat semakin bangga dan puas, karena sudah terbiasa. yang mereka perlukan hanya kasih sayang dari orang-orang..

Anonymous said...

karena anggota geng motor itu semuanya banci !! ..pengecut !!. ngga xtc,m2r,brigez,atau apalah namanya terserah,hanya berani keroyokan,kalau udah sendirian mah angger we cicing jiga ucing kakara kajebur got.koplok siah maraneh teh beul ..dasar runtah !!! ti aing budak bandung

Anonymous said...

GENG MOTOR HARUS DIBASMI,KARENA SERING MELAKUKAN ANARKIS/PERUSAKAN TANPA SEBAB.......

beh - ndah 279 said said...

anjink.............2010x
gararandeng ari sia!!!!
kiamat ges deket anjing ----------------------
yeuh ari sia budak geng motor sajati ari perang tong kalalabur sok aing hyng nmpo saha anu menang jeung saha anu eleh----------------
geus kitu anu menang !!!!!!!!!!
YEUH lawah aing laskar pitung Tanjung Priok.......
AING ARWAH GENG KARAWANG

Anonymous said...

POKONA MAKH HIDUP GBR IS NUMBER 1 ....
NO COMENT DEUI LAKH...

Anonymous said...

HUAHAHAHAHA... kasian banget lu pada. Sumpah ga ada gunanya, ga ada yang bisa di banggain. pengen tau gue lo dapet apa sih?? klo kebersamaan bukan begini caranya. ga bakal kaya juga.

jimmy said...

untuk GBR,M2R, dan BRIGEZ
kehidupan kalian suram walau klian bnyak masa



hidup XTC

XCUS (XTC) said...

hIDUP XTC, XTC NU AINK
AING DAX XTC YEUH

BRZ,M2R,GBR = TAI ANJING LEBOK TAH BAU

Anonymous said...

EUHHHHH ATUH LARIBUT WAENYA, SIAA TEU NYAHO AING BUDAK DKM???
YEUH DI BERE HADIS KU URANG..

Rasulullah
saw. bersabda, “Perumpamaan orang beriman itu bagaikan "lebah". Ia
makan yang bersih, mengeluarkan sesuatu yang bersih, hinggap di tempat
yang bersih dan tidak merusak atau mematahkan (yang dihinggapinya) .”
(Ahmad, Al-Hakim, dan Al-Bazzar)

TETEP SIH XTC CEUK ALQURAN OGE..
HIHIHI

UNTUK PA POLISI JGN TERUS MENGANGGAP KITA PEMBERONTAK, KITA DI SINI MENUNGGU UNTUK DI RANGKUL KALIAN..

UNTUK PARA M2R, BGZ, GBR, SEMUANYA SAYA PUNYA SEDIKIT PANTUN..
"SIA ASIK AING NYANTAI, SIA NGUSIK KU AING DI BANTAI"

JDI PRINSIPNA ENGANG MAH MOAL NYEREUD, LAMUN TEU DI SEREUD TI HEULA...

Anonymous said...

permusuhan antar geng motor yg akan membuat indonesia hancur

Anonymous said...

GES WEHKK POKONAMAHK MOONRAKER SLLAU WANIEUN DIMANAPUN GENX LAIN BRDA
BY:DOTZZ BANDUNG

Anonymous said...

GBR : hitam merah kuning jiwa ku..

Anonymous said...

nanti kalau indonesia perang sama MALINGSIA /malaysia^..
kita harus bersatu sob... ok coy..!!

Anonymous said...

malaysia harus dibantai.. bukan anak bangsa,
sok kaluarkeun jurus masing masing, tong garelut wae kabisa te..
geng motor go international..

Anonymous said...

mana urang can ningali geng motor perang,
mun rek perang tong make motor taplak!!
urang dek ningali, mun rek perang bejaan urang..

Anonymous said...

GENK MOTOR SANTET2 in aja smua,, isi paku perutnya

Anonymous said...

SANTET SMUA ANAk GENG MOTOR PELER KEHED

Anonymous said...

SANTET SMUA ANAk GENG MOTOR PELER KEHED

Anonymous said...

SANTET SMUA ANAk GENG MOTOR PELER KEHED

Anonymous said...

SANTET SMUA ANAk GENG MOTOR PELER KEHED

KkodokK Sexy Road said...

XTC Baleendah...

Sexy Road Berkibar...

Anonymous said...

berkibar kontol lo

Anonymous said...

CICING ALL KANJUT, XTC 4 EVER NU LAEN SIGA KONTOL

Anonymous said...

KONTOL ALL XTC 4 EVER

Anonymous said...

XTC Never Die, XTC 4ever, XTC Always In MyHeart

Anonymous said...

permasalahan nya bukanlah siapa yang paling jago dan no 1....
tp akan seperti apa jadinya bila nasib generasi bangsa indonesia masih dihantui oleh keberadaan geng motor....
tidak salah kita masuk sebagai anggota geng,,akn tetapi gunakanlah kecerdasan kalian,bukan dengan kekerasan
oleh karena itu, bangun lah moral bangsa kita dengan lebih baik lagi..
insya allah negeri ini akan lebih baik dalam menyongsosng tiap tahun nya

Anonymous said...

kenapa moonraker bersatu dgn brigez.?
" karena mereka tidak sanggup melawan xtc yang jumlah anggota dan keberaniannya melebihi dari geng motor tsb, meskipun mereka sudah bersatu tetap saja moonraker dan brigez kewalahan melawan xtc "

Anonymous said...

ah jigana geus weureu kabehanana, geura istigfar bisi kaduhung jaga di akhirat kelak,viss

Anonymous said...

SEXY ROAD INDONESIA BERJAYA
XTC "387"

Anonymous said...

duh............ karunya pisan nempo barudak ayeuna.. cik atuh ngalakukeun nu manfaat, lain gelut wae. ari maraneh mun paeh tawuran emangna syahid??? nu aya kolot sia sangsara ... sing karunya ka kolot. sia dilahirkeun ka dunia teh lain keur jadi raja jalanan, lain keur tawuran, tapi keur neangan ilmu nu manfaat keur di dunia jeung akhirat... ngarti teu jang??? mun teu ngarti mah ngacung kehed!!!

Agus@ kayu jabon said...

mampir nich...
menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
salam....

Anonymous said...

GEUS WE:
XTC, BRIGEZ, M2R, GBR (MODAL: MOTOR,SAMURAI, BENDA TAJAM LAINNYA)

VS

TNI, POLISI (MODAL: SENJATA API LENGKAP, TANK, HELIKOPTER, PESAWAT TEMPUR LENGKAP, DLL)

SOK LAH MENANG MANA?

choxskatepunkrockshowyeaahh said...

wahahhah lieur aink

choxskatepunkrockshowyeaahh said...

VIKING WE AINK MAH MOAL LOBA CINGCONG HAHAHAHA

Anonymous said...

ngaranna ge geng motor, wajar jeung pantes mun kitu! nu teu wajar jeung teu pantes, ayeuna aya instruksi ti kapolda jeung kesepakatan duka timana horeng nu eusina sok aya dina spanduk di jalan2, eusina kieu : Masyarakat Kec/kota ...... menyatakan perang terhadap segala bentuk aktifitas geng motor.." tah kalakuan kieu patut, lir ibarat nu gelo jeung nu palung!!!!!! nu gelo geng motor (wajar) nu palung pamarentah (tah ieu kurang ajar).anggota geng motor teh bagian tina anggota masyarakat indonesia, naha bet kalah diajak perang?????? lain kadua dielingan, dipapatahan, malahan ceunah sok diamnfaatkan ku para pemaen politik ANJING!!!!

ROHMAN.s said...

permisi bleh copy paste ga link.y cz saya add tugas dari guru saya...ga apa apa kan???cz bacaan.y bagus n menambah wawasan..

ROHMAN.s said...

salam kenal dari saya...wanieun sanes abadi sanes..bobotoh saja lah saya mahh..ti sirnamanah caket jurank..

Anonymous said...

DI PANGANDARAN DI BORO KUWARGA MAH LEWEEEH ANJING

Anonymous said...

MONREKER........LEWEH EK DI PODARAN KU WRGA MAH JEUNG KU NELAYAN HE.HE..AING SEURI WE...BARI AING NU NGABACOK SIA ANJING

Anonymous said...

,,putih-biru muda-biru tua ,, tetep di hati

Anonymous said...

duuh,kmha ieu teh indonesia, ceuk saya mahh gz lah yong raribut waee, gz ayna ma urnx daramaii keyzz !!! ddden

Anonymous said...

xtc . yeaahhhh !!1

Anonymous said...

TUNJUKAN SIPAT POSITIP KLIAN..(BAGI ANAK" BRIGEZ).

KRENA BRIGEZ SKRNG BKN GENG MOTOR MELAIN KAN O.K.P(ORGANISASI KEPEMUDAAN PEDULI POLITIK DAN LINGKUNGAN)

KRNA SIPAT POSITIP KLIAN KN MNUNJUKAN BAHWA ORGNISASI BRIGEZ ADALLAH ORGNISASI ANTI KEKERASASN.

KARENA ORGNISASI BRIGEZ ANTI RASIS DAN MERANGKUL SMWUA RAS.

RENDY said...

BRIGEZ O.K.P AKSITRUZZ

RENDY said...

TUNJUKAN SIPAT POSITIP KLIAN..(BAGI ANAK" BRIGEZ).

KRENA BRIGEZ SKRNG BKN GENG MOTOR MELAIN KAN O.K.P(ORGANISASI KEPEMUDAAN PEDULI POLITIK DAN LINGKUNGAN)

KRNA SIPAT POSITIP KLIAN KN MNUNJUKAN BAHWA ORGNISASI BRIGEZ ADALLAH ORGNISASI ANTI KEKERASASN.

KARENA ORGNISASI BRIGEZ ANTI RASIS DAN MERANGKUL SMWUA RAS.

Anonymous said...

Cik atuh kehed,,,malikir sateh,,,na kolot saria bakal bangga kitu,mun saria gawe na ngan nyieun onar hungkul,,na ari saria,nyadar teu euy,,ngaran saria (all gangster) geus ngarusak ngaran kota bandung,,,cik saria pikir,,saria teh da geus kolot mah moal baleg mun ngahirupan keluarga saria ku duit nang gagangsteran,,,hirup kudu d alusan ti handap keneh mun kaharepna hayang alus,,

Anonymous said...

SALAM SEXY ROAD

Anonymous said...

AINK DENCUS TI GARUT
MUKA PESBUK KADON AYA NU NGA'ADD LINK IEU, PIKASEURIEUN AH...

BTW KANGO BARUDAK SADAYANA NU KOMEN GO.BLOG IEU YEUH AYA PANTUN KANGGO ARANJEUN SADAYANA

JALAN2 KA KOTA GARUT JANGAN LUPA MEMBELI DODOL
BAGI ANDA YANG SUKA GARELUT TAH HAKAN PODOL (TAI)!!!!

NGUREK BELUT DI SAWAH MANG TARMAN
MUN REK GELUT SOK SORANGAN2

GES AH TUNUH NGABANDUNGANAN OGE
JANGHED
SALAM JARI TENGAH BAGI GENGGONG NU WANINA LOBA'AN
┌П┐(►˛◄'!)
PUNTEN PAMI AYA NU KASEUREUD TINU OMONGAN SIMKURING!!!!!!!!!!

xtc bogor bersatu said...

XTC BOGOR YEUH
M2R GBR BRIGEZ EWEH KAWANI SUMPAH RUZIT KABEH XTC PALING BESAR DAN GA TERKALAHKAN
BUKTINYA BNYK GBR BRIGEZ M2R MATI SAMA KAMI CHAMKAN ITU

Anonymous said...

semua geng motor & para anggotanya yg ada di indonesia ini cm SEKUMPULAN SAMPAH ga pny otak, pengangguran, ga pny hobi + teman2 yg seru, intinya kalian itu ga pny kehidupan yg menarik. klo ketangkep polisi semua pd mewek, MENJIJIKAN. beraninya keroyokan, tampilan serem mental banci, bhkn banci aja lbh berani dibanding geng motor, cuh!
logikanya: klo mereka pny hidup/kehidupan yg menarik, ngapain kan ikut2 begituan? MIKIR pk otak, jgn pk pantat. mereka semua ini jgnkan hidup, mati aja ga pantes. #RUBBISH

Anonymous said...

Iya ga mati, soalnya pada kabur semua

Anonymous said...

Bangga??? One vs one ajalah sama anak free york! Geng motor pada bangsat semua!