Monday, October 8, 2007

Menghitung hari.. (Journal mudik)

Lebaran tinggal menghitung hari, tinggal 4 hari lagi. oops..sori, tergantung denk. Soalnya lebaran tahun ini ada dua kali. Maksudnya ada yang pelaksanaannya lebih dulu dari yang sudah ditetapkan pemerintah. Pemerintah menetapkan bahwa hari raya idul fitri jatuh pada tanggal 13 Oktober, sedangkan saudara kita dari Muhammadiyah memilih tanggal 12 Oktober. Kadang bingung juga koq bisa beda ya, padahal dalam menentukan jatuhnya bulan ramadhan kemaren waktunya sama. Kita berdoa aja, semoga ke depan umat islam bisa lebih bersatu sehingga perbedaan macam begini, yang membuat umat bingung, udah gak terjadi lagi.

Sudah jadi tradisi kalo tiap lebaran pasti mudik. Tahun ini sepertinya lebih milih mudik dengan motor deh. Sebetulnya banyak yang bilang mending naek mobil aja, karena cape lah, risiko lah, panas lah, dan banyak lagi. Tapi bila hati sudah berkehendak, tak ada kata mundur (padahal sebetulnya sudah tanggung, kalo sekarang sih dah pasti gak kebagian tiket, so mau gak mau harus naek motor).

Berhubung ini adalah kali pertama mudik dengan motor, maka semua hal tentang persiapan lebih diperhatikan. Dari mulai service kendaraan, sampai dengan peta dan pemilihan jalur mudik. Juga tidak lupa saya buat daftar apa saja yang perlu di persiapkan. Semuanya di evaluasi dengan sistem check untuk mengantisipasi kalau-kalau ada yang tertinggal atau kelupaan. Nah di sini saya sharing tentang perihal persiapan yang sudah saya lakukan.

List persiapan mudik:

1. ganti kanvas rem dan ganti oli

2. siapkan ban dalam (depan belakang)

3. beli tail box

4. sarung tangan (full)

5. masker tutup muka

6. obat tetes mata

7. spare part standar seperti Busi Denso or NGK (busi panas, P 1-8)

8. bohlam lampu

9. kabel gas

10. jas hujan

11. sepatu

12. peta

Khusus untuk tail box, saya kemaren hunting di jalan otista raya jakarta timur, merk golden box (korea) saya tebus dengan harga Rp 280.000,- berikut dudukannya (kemahalan gak ya). Sebetulnya ada yang kualitasnya lebih bagus, yaitu merk Givi, tapi harganya itu.. Rp. 500 rb-an. Karena dana terbatas, yang sedikit murah gak masalah lah, yang penting fungsinya.

Saat ini semua persiapan sudah beres, hanya tinggal pemilihan jalur mudik. Ingin lewat pantura, jalur tengah, atau jalur selatan. Sepertinya lebih nyaman lewat jalur tengah, lewat subang, majalengka, kuningan dan seterusnya.. Tapi bisa saja nanti berubah, mau cari info dulu lewat mana yang lebih nyaman.

Oh iya, browsing cari peta mudik. Dapet peta yang lumayan lengkap di http://www.cybermap.co.id/download/petamudik2006jabarjateng.pdf.

Hari H sebentar lagi, sekarang siapin mental, istirahat, jaga stamina. Sudah tidak ada lagi kata mundur.

doain ya..

No comments: