Wednesday, July 9, 2008

Merokok Sehat

Merokok sudah terbukti buruk bagi kesehatan. Para perokok bukan tak mengetahui hal ini. Namun bagi mereka kenikmatan merokok masih lebih tinggi prioritasnya ketimbang menjaga kesehatan. Bahkan bagi mereka, lebih baik tidak makan dari pada tidak merokok. Berhenti merokok merupakan suatu hal yang sangat sulit. Terlebih bagi mereka yang sudah mengenal rokok selama bertahun-tahun.

Namun sekarang ini telah ditemukan rokok yang tidak mengganggu kesehatan. Rokok yang sehat. Telah diproduksi sebuah rokok elektronik yang membuat para penikmat rokok tetap bisa merokok tanpa khawatir akan terganggunya kesehatan mereka. Bentuknya sama persis dengan rokok asli, namun di dalamnya terdapat alat-alat canggih untuk mengurangi efek negatif dari rokok.

Di bagian dalam rokok ini terdapat semacam cartridge yang bisa diganti yang diisi dengan cairan. Zat utama yang terdapat dalam cairan tersebut adalah nikotine dan propylene glycol. Sebuah rechargeable baterai digunakan sebagai sumber tenaga.

Ketika pengguna menghisap rokok tersebut, aliran udara akan mengalir dan dideteksi oleh microprocessor yang akan mengaktifkan atomizer. Atomizer akan menginjeksikan sedikit cairan ke dalam aliran udara. Hal ini akan menghasilkan asap yang akan dihisap oleh pengguna. Penambahan propylen glycol ke dalam cairan membuat asap menyerupai dengan rokok normal. Alat ini membuat asap yang dihasilkan mirip dengan asap pada rokok normal, lengkap dengan temperaturenya.

Rokok electronik diakui lebih sehat dari pada rokok biasanya. Karena pada atomisasi (proses pembuatan asap) tidak dihasilkan zat-zat yang dihasilkan dari pembakaran material tumbuhan, seperti tar, karbon monoksida dan abu. Para pengguna akan mendapatkan rasa tembakau yang sesungguhnya, tanpa tambahan zat-zat berbahaya lainnya. Juga terdapat cartridge dengan pilihan kadar nikotine normal, rendah, atau bahkan tanpa nikotine sama sekali.

Yang tak kalah pentingnya, rokok elektronik ini juga aman bagi orang-orang di sekitar ‘perokok’. Rumah dan barang-barangpun tetap bersih, tidak berbau asap rokok.

So..

Mari, hidup sehat dengan rokok...

(oopps.. maksud saya bagi para perokok yang tidak bisa berhenti merokok).


sumber: Detikinet.com; www.electronic-cigarettes.net

No comments: