Thursday, September 11, 2008

Info Mudik Bareng 2008

Sebentar lagi lebaran. Dan fenomena yang hanya terjadi di Indonesia, MUDIK, akan kembali menyibukkan seluruh kehidupan di negara ini. Jauh-jauh hari persiapan mudik sudah terasa. Perbaikan jalan, persiapan sarana transportasi, tiket kereta api yang sudah habis terjual. Dan tak lupa juga fenomena para pemudik sepeda motor yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan.

Sepertinya masyarakat lebih memilih mudik dengan kendaraan roda dua walaupun mereka menyadari resiko yang di tanggung lebih besar. Dan saya yakin hal ini karena ekses dari kurangnya alat transportasi yang memadai dan nyaman. Problem macet yang tiap tahun terulang dan belum bisa diatasi, entah karena jalan rusak, pasar kaget, jalan sempit, harga BBM yang mahal menyebabkan harga tiket ikut terdongkrak. Belum lagi permasalahan lainnya.

Semuanya membawa kenyataan bahwa sepeda motor merupakan alternatif transportasi yang sangat bisa diandalkan. Tidak heran bila tiap tahun pemudik sepeda motor kian meningkat. Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menghimbau untuk tidak memakai sepeda motor. Bah.. “Terlalu besar resikonya”, katanya. Bah.. Sediakan dulu sarana transportasi yang murah dan nyaman. Yang cukup untuk menampung pemudik. Perbaiki dulu jalan sehingga tidak ada macet yang berhari-hari. Kalau semua beres, kamipun tak bakal sudi bersusah-susah menempuh jarak 600 km dengan sepeda motor.

Diluar rasa lelah dan resiko yang besar, mudik dengan sepeda motor memang menyajikan petualangan yang mengsyikkan. Terutama bagi para pemuda yang belum berkeluarga, seperti saya (ha..ha,..promosi bolehkan..). Lebih menyenangkan lagi bila dilakukan bersama-sama dalam rombongan yang tertib dan teratur. Maka saya sarankan untuk mengikuti acara mudik bareng yang banyak diadakan. Berikut informasi mengenai acara mudik bareng dengan sepeda motor.

1. Mudik bareng Kompas Gramedia Group (KKG) dan PT Astra Honda Motor (AHM). Pendaftaran : Tanggal 8 Agustus - 19 September.

  • Syarat : Bayar Rp 75 rb, KTP, SIM, STNK
  • Fasilitas : BBM 5 kali pengisian, kawalan polisi, doorprize 3 unit motor.
  • Berangkat : 26 September

2. Mudik bareng XL, 26 September - 3 Oktober

3. Mudik bareng YAMAHA

  • Fasilitas : 1 pc Jaket Yamaha, 1 set sarung tangan Yamaha, 1 pc busi dan 1 botol oli Yamahalube, stiker dan uang bensin Rp 30.000,-
  • Berangkat : 27-28 September 2008

4. Mudik bareng Thunder, jalur sumatera.

Untuk saat ini hanya itu info mudik bareng yang saya dapat. Saya akan coba untuk terus meng-update. Pesan saya. Hati-hati, dan drive safety. Tentang tips dan informasi mudik dengan sepeda motor Jakarta-Jogja, bisa dilihat di sini.

No comments: