Friday, June 25, 2010

5 Tanda Agar Mulai Mencari Pekerjaan Baru

Sudah lebih dari setengah tahun ini profesi baru sebagai auditor saya lakoni. Ya.. saya sudah pensiun sebagai biotech researcher. Sudah tak lagi berkecimpung di dunia science dan research ilmiah. Saya saat ini lebih banyak bergelut dengan system menejemen.

Tiga tahun lebih saya bekerja dan mendalami satu bidang yang sudah sangat familiar, kimia. Terus terang ketika harus terjun di tempat yang asing dan baru sama seklai, ada kekhawatiran, bahkan banyak kekhawatiran..

Dari mulai khawatir tempat baru tidak lebih baik dari yang lama, khawatir tidak bisa mengikuti irama, khawatir tidak bisa menghadapi pekerjaan baru yang akan ditemui nanti, dan lain-lain. Intinya, khawatir bahwa pilihan ini akan menjadi sebuah penyesalan di kemudian hari.

Dan saya rasa itu sangat wajar. Lumrah untuk merasa takut ketika harus berpindah dari kondisi yang sudah nyaman ke situasi baru yang belum pernah kita ketahui. Saya yakin anda-pun akan begitu. Bahkan semua kita akan begitu.

Dan sekarang..

Sekarang sudah setengah tahun berlalu. Saya bersyukur bahwa semua bisa saya lalui dengan baik dan lancar. Tentu saja ada hal-hal positif dan dan ada hal negative yang saya dapatkan. Namun secara keseluruhan saya merasa cukup puas. Terutama dari peningkatan ilmu dan pengalaman.

Pasti.. sebelum memutuskan untuk pindah bekerja, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Mengingat hal tersebut merupakan keputusan penting yang akan mempengaruhi masa depan. Namun jika sekali sudah diputuskan, jalani dengan penuh keyakinan dan sepenuh hati. Jangan lagi lihat ke belakang. Pastikan bahwa keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang tepat dan benar.

Berikut adalah tips dan pertimbangan sebelum memutuskan untuk pindah bekerja. Tentunya ini hanya berdasar pengalaman pribadi. Orang lain mungkin akan berbeda. Nmaun sedikit banyak bisa menjadi tambahan informasi bagi sobat yang bermaksud mencari ‘ladang garapan’ baru.

Ada 5 hal yang bisa menjadi indicator bahwa sudah waktunya untuk mempertimbangkan mencari tempat kerja lain.

1. Prospek karir

Yang pertama kali menjadi pertimbangan adalah perkembangan karir. Jika sudah tidak ada lagi harapan peningkatan karir. Berapapun lamanya anda bekerja, karir anda jalan di tempat, atau paling tidak hanya bergesar satu langkah kecil. Jika begitu, maka sudah waktunya mempertimbangkan mencari pekerjaan baru yang prospek karirnya lebih baik.

2. Peningkatan ilmu dan pengalaman

Hal lain yang penting adalah peningkatan ilmu. Jika sudah cukup lama bekerja, semua pengetahuan sudah anda peroleh. Anda sudah menguasai semuanya. Artinya kondisi sudah jenuh. Sudah tidak ada lagi ilmu yang bisa di serap. Jikapun ada, itu sangatlah sedikit. Anda merasa kemajuan diri sudah sangat lambat dan relative diam ditempat. Pekerjaan saat ini tidak memberi nilai tambah pada soft skill anda, maka sudah saatnya anda pertimbangkan untuk pindah bekerja.

3. Penghasilan

Salah satu tujuan utama bekerja adalah penghasilan. Uang. Bukan berarti materilistis, namun memang begitulah sesungguhnya.

Coba perhatikan penghasilan anda saat ini. Apakah anda merasa penghasilan yang anda dapatkan tidak sebanding dengan yang sudah anda berikan pada perusahaan. Atau anda merasa masa kerja, pendidikan, posisi, ilmu yang anda miliki, atau teman anda yang satu angkatan dengan anda mempunyai penghasilan yang lebih besar. Anda bisa mencari informasi di luar. Tentang berapa penghasilan umum/standar untuk pegawai seperti anda.

Dan coba hitung perkiraan penghasilan anda 3-5 tahun ke depan. Anda pasti mengetahui tren kenaikan penghasilan setiap tahunnya. Biasanya setiap tahun perusahaan akan menaikkan penghasilan sekitar 10%. Ini merupakan kenaikan regular. Diluar kenaikan karena peningkatan karir.

Coba anda lihat sampai 5 tahun ke depan bagaimana prospek karir. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat rekan yang masa kerja lebih dari 5 tahun.

Jika anda pikir prospek karir dan penghasilan yang anda dapatkan 5 tahun ke depan tidak cukup baik, pertimbangkan pindah ke tempat lain.

4. Jarak dengan tempat tinggal

Mungkin hal ini tidak begitu terpikirkan bagi mereka yang masih belum berkeluarga. Tapi bagi mereka yang sudah menikah, pasti jarak kantor dengan tempat tinggal menjadi hal yang dipertimbangkan. Mungkin lebih tepat bukan jarak, tapi waktu tempuh. Jika waktu tempuh untuk menuju ke tempat kerja sudah lebih dari 2 jam, sehingga untuk pulang pergi dibutuhkan waktu lebih 4 jam. maka pertimbangkan mencari lokasi kerja yang lebih dekat. Karena 4 jam sehari di jalan adalah wasting time. Dan 4 jam bisa digunakan untuk hal yang lebih produktif dan berharga.

Terus terang factor ini jugalah yang menjadi pertimbangan ketika saya memutuskan pindah bekerja.

5. Usia

Yang terakhir namun juga penting adalah usia. Usia produktif adalah dibawah 33 tahun. Pdroduktif dalam artian masih relative mudah mencari pekerjaan. Perusahan cenderung menerima pegawai yang masih di bawah 33 tahun. Jika usia anda masih dalam rentang dibawah 33, maka anda masih mempunyai kesempatan besar untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Pindah bekerja memang bisa menjadi satu keputusan yang teramat sulit. Namun bila dirasa tempat bekerja sekarang tidak lagi bisa diharapkan. Karir, penghasilan, ilmu, sudah tak ada peningkatan, maka sudah waktunya memikirkan pekerjaan lain. Sebelum usia anda mencapai 33, sebelum anda terlalu lama dan ‘terperangkap’di sana, dan sebelum semuanya ‘terlambat’.

15 comments:

asepsaiba said...

Keren yu tips2nya... Wah.. Gak di lab lagi dong ya... Selamat ya.. Saluut untuk 'keberaniannya'.. Semoga sukses selalu.. Salam buat keluarga kecil lo!

Oya, ngeblog lagi yuks... (tau gak? inspirasi gw ngeblog salah satunya adalah elo Yu!)

wahyu said...

iya bro, gw dah gak di lab lagi. mau cari ilmu lain. hehe

salam juga buat keluarga.

wah gw merasa terhormat bgt boss. dan sekarang gantian, elo yg jadi inspirasi gw aktif lagi ngeblog. hehe..

riFFrizz said...

nice tips nihh

Wahyu Riyadi said...

@Riffrizz: makasih kunjungannya..
salam kenal. :)

marsudiyanto said...

Auditor pemasukannya banyak...
Banyak amplopnya

budiarnaya said...

Wah sangat lengkap nich.. salam kenal shobat link telah dipasang

bluethunderheart said...

postingan yg baik
terima kasih tyelah berbagi tips
salam hangat dari blue

wahyu said...

@blue: salam hangat kembali blue..

Ifan Jayadi said...

Memang tidak mudah untuk berpindah dari pekerjaan lama yang telah digeluti. Yang paling sulit bagi diri saya pribadi mungkin adalah melakukan penyesuaian karena semuanya serba baru dan asing dan saya juga lumayan pemalu orangnya. Hmm...mudah2an saja saya tetap dengan pekerjaan yang saya geluti sekarang ini karena mendapatkannya juga lumayan sulit. Amin

Agung Pushandaka said...

Prospek karir dan penghasilan penting buat saya. Tapi saya juga mempertimbangkan kenyamanan dalam bekerja.

popollz said...

oh ok2, dibaca pelan-pelan dan di hayati., thanks bro untuk ilmunya..
umur 33 ya

wahyu said...

haha.. bos popolz. hanya karangan saya saja. setiap orang beda boss.

oh ya, 33 juga berlaku untuk jodoh. so tunggu apa lagi.. lamar..!!

haha..

Anonymous said...

te566

Anonymous said...

trimakasih atas info yang sangat berharga ini...

wahyu said...

sama-sama mas Anonymus.. :)