Tuesday, June 22, 2010

Perbedaan Sirloin dan Tenderloin

Setelah sekian lama blog ini tidak di maintain dan disia-siakan, akhirnya terbitlah posting terbaru saya. 

Kemarin bersama istri saya refreshing jalan berdua. Lama kami tidak pernah pergi bersama. Pertama karena memang sibuk urusan pekerjaan, dan kedua karena anak pertama kami yang baru lahir dan tidak mungkin untuk ditinggal.

Namun hari itu kami memang sengaja untuk pergi dalam rangka survey mencari calon tempat tinggal. Ya.. kami memang merencanakan untuk segera memiliki rumah. Dan karena akan ditempati selamanya, maka haruslah betul-betul dipilih dan ideal sebagai tempat tinggal.

Dalam perjalanan istri mengajak mampir di sebuah rumah makan favorite yang khusus menyajikan aneka jenis steak yang merupakan makanan favoritnya.

Ada beragam menu dan aneka jenis steak. Saya memesan sirloin steak dan istri tenderloin steak. Dua jenis steak ini sebetulnya sudah familiar bagi saya. Namun entah kenapa saat itu saya begitu penasaran ingin mengetahui perbedaan antara sirloin steak dan tenderloin steak.

Dari segi rasa menurut saya tak ada beda. Semuanya sama-sama daging sapi. Semuanya sama-sma enak. Lantas apa perbedaan keduanya..??

Penasaran sayapun googling. Dan inilah hasil penelusuran saya. Mudah-mudahan dengan berbagi artikel ini dapat memberi manfaat dan informasi baru.

1. Sirloin steak
Steak ini berasal dari daging Sirloin, yaitu daging yang berasal dari bagian belakang sapi. Daging ini bekerja lebih berat daripada bagian lain yang umum dipakai untuk steak sehingga agak lebih keras dibandingkan yang lain.


Konon kata ‘Sirloin’ berasal dari kata ‘Sir’ dan ‘loin’. ‘Sir’ adalah panggilan untuk laki-laki dalam bahasa inggris. Laki-laki cenderung keras. Oleh karena itu sirloin memiliki tekstur lebih keras dari Tenderloin.


Saya kurang tahu apakah pengertian ini benar atau hanya cara agar mudah mengingat tentang daging sirloin.
Sirloin memiliki kelebihan dalam ukuran, yaitu bisa dipotong lebih besar daripada bagian sapi lainnya yang lebih lembut. Harga Sirloin umumnya lebih murah dibandingkan daging steak lainnya.


2. Tenderloin Steak
Sementara Tenderloin adalah daging yang berada di depan sirloin dan di belakang tulang rusuk (rib). Daging tenderloin tidak bekerja keras sehingga tenderloin adalah bagian sapi yang paling lembut. Tenderloin berbentuk memanjang seperti ular dan untuk steak biasanya dipotong secara diagonal.


Kata tenderloin berasal dari kata ‘tender’ dan ‘loin’. ‘tender’ berarti empuk. Maka daging tenderloin memiliki tekstur yang lebih empuk daripada sirloin.


Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut.




Coba perhatikan dimana letak perbedaan antara daging sirloin dan tenderloin.


Tapi bagi saya, hampir tidak ada perbedaan antara daging sirloin dan tenderloin. Bagi saya keduanya sama-sama empuk dan keduanya sama-sama enak. Saya juga tidak begitu peduli daging tersebut posisinya ada di sebelah mana pada tubuh sapi. Yang penting bisa dan enak di santap. Hehe..


Dan favorit saya sebetulnya bukan daging sapi. Tapi, daging kambing. Apalagi dihidangkan sebagai Sop buntut goreng. Hmmm...



13 comments:

asepsaiba said...

Wekekek.. Pas banget keberneran.. Kemaren gw diajak temen kantor nobar sambil makan steak.. Gw bingung, bedanga sirloin sama tenderloin.. Ya udah gw ngikut aja... Sekarang mah gw udah tau bedanya.. JAdi gak malu-malu lagi.. :D

Wahyu Riyadi said...

trus kapan nobar 42..??
kayaknya cuma konsep melulu nih.. :)

Anonymous said...

ok jadi saya tau setelah sekian taun tak terpecahkan perbedaan tersebut

Anonymous said...

asslm..
tks banget
jadi saya tau setelah sekian taun tak terpecahkan perbedaan tersebut

fanji_kakoii@yahoo.com

wahyu said...

makasih mas fanji apresiasinya. senang bisa berbagi..

Pulsa said...

Hmm..walopun berasal dr satu sapi..
untuk kandungan gizinya...
lbh byk di sirloin atau tenderloin ?

rere said...

hmm makasih infonya :) trus knp harga tenderloin rt2 lbh mahal dr shirloin ya?

ButcherInfo said...

Tenderloin sering di sebut Daging Has Dalam
Sedangkan Sirloin disebut Has Luar
Sirloin tekstur nya lebih keras, dan banyak seratnya jadi lebih murah

Anonymous said...

Kata sirloin berasal dari bahasa inggris abad pertengahan, 'surloine', yang juga berasal dari bahasa prancis kuno 'sur la longe' yang artinya 'di atas pinggang'

Yang saya bingung, sapi kan berkaki empat. Pinggang nya dihitung dari mana :D
Kalau dari gambar sih keliatan nya tuh sapi disuruh berdiri dengan dua kaki dulu baru bisa diliat pinggang nya :p

toni tegar sahidi said...

makasih infonya bro, ni ane ma istri juga mau makan steak soalnya hehehe...

Bunga said...

sirloin itu berlemak
tenderloin itu tanpa lemak.

reckydj said...

pas buka puasa tadi habis ngicipin sirloin
enak banget

AreZ LFC said...

YAng paling berbeda antara sirloin dan tenderloin adalah lemak
Sirloin mempunyai sedikit kandungan lemak berbeda dengan tenderloin.
Dan yg pasti daging tenderloin lebih lembut dan gampang dipotong.