Tuesday, January 1, 2008

Tentang saya

Wahyu Riyadi

‘Wahyu’ berarti pesan dan petunjuk tuhan, dan ‘Riyadi’ adalah ungkapan Jawa untuk keselamatan. ‘Riyadi’ juga dapat berarti hari raya Idul fitri, hari suci bagi umat Islam. Sehingga ’Wahyu Riyadi’ secara keseluruhan berarti petunjuk dari Tuhan yang membawa keselamatan.

Saya dilahirkan ke dunia ini pada tahun 1981, pada hari yang sama saat bayi tabung pertama, Elizabeth Jordan Carr, dilahirkan di Amerika. Saya orang biasa yang kebetulan memiliki sedikit pengetahuan di bidang kimia, dan hal ini membawa saya bekerja di salah satu lembaga riset milik swasta yang bergerak di bidang bio-teknologi.


Saya menamatkan sekolah menengah pada tahun 2000 di Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor. Untuk selanjutnya saya terdampar di satu-satunya Universitas Negeri di Yogyakarta masih setia bergelut dengan bidang Kimia. Pendidikan Master dan Phd, juga masih di bidang Kimia, saya selesaikan di benua eropa tepatnya di negara ilmu pengetahuan German sana (untuk yang terakhir ini masih dalam angan-angan, semoga terwujud..).

Saya orang yang tidak terlalu banyak bicara, mungkin bagi orang lain saya terkesan dingin dan sombong. Namun memang seperti itulah saya, meskipun saya terobsesi untuk selalu menyenangkan orang lain, namun saya masih cukup bijak untuk tidak membiarkan diri saya kehilangan jati diri dengan menjadi orang lain demi menyenangkan semua orang.

Hobi saya mendengarkan musik, terkadang juga bermain musik meski sebatas untuk konsumsi pribadi. Saya suka membaca surat kabar dan memperhatikan informasi terkini yang terjadi di masyarakat. Politik, ekonomi, sosial.. semuanya. Saya juga suka mengetahui hal-hal baru terutama hal-hal yang berbau ilmu pengetahuan dan sciences.

Saat saya menulis ini, saya sedang suka warna putih. Saya adalah seseorang yang tidak fanatik terhadap satu warna tertentu. Bahkan warna favorit saya selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Terkadang saya suka warna-warna terang dan menarik perhatian. Terkadang lagi saya suka warna lembut dan tenang. Bagi saya semua warna indah dan menarik.

Saya tidak suka terhadap orang yang terlampau sering mengeluh. Orang yang tidak mau berusaha dan selalu mengandalkan orang lain meski hanya untuk pekerjaan ringan yang dia sendiripun pasti sanggup mengerjakannya. Saya juga tidak suka dengan orang yang selalu ingin mengetahui urusan orang lain sampai ke hal yang sangat personal. Selalu bertanya seolah dia adalah wartawan investigasi yang sedang menjalankan tugas mulianya sebagai pemberi informasi bagi masyarakat umum. Meskipun mungkin maksudnya agar terlihat peduli, tapi bagi saya setiap orang mempunyai sisi tertentu yang ingin disimpannya hanya untuk dirinya sendiri.

Selain blog ini, saya juga bisa ditemukan di http://sciencebiotech.net/ sebagai sarana untuk berbagi ilmu dan pengetahuan, khususnya dibidang bioteknologi yang bisa dibilang masih relatif baru di Indonesia.

Cita-cita saya adalah. Saat dimana saya harus pergi dari dunia ini untuk selamanya, saya ingin banyak orang yang peduli dan mendoakan saya, banyak orang yang akan mengantarkan jasad saya menuju tempat peristirahatan terakhir. Dan banyak orang yang merasa kehilangan dan merasakan ’manfaat’ saya selama saya hidup di dunia. Saya ingin menjadi orang yang berguna bagi orang lain sebanyak mungkin.

23 comments:

Anonymous said...

saya M.Asrorudin lulusan Ilmu Tanah UNRAM adlh penambang juga di daerah sekotong lombok barat.. banyak teman dari luar spt dari UNHAS,UGM juga sebagai tim senior di sekotong.. kami ingin mengharapkan peran aktif anda juga selain peneliti menjadi penambang senior di daerah kami..

Anonymous said...

Mas tanahnya yang di dekat mekarsari sudah laku belum?

Anonymous said...

status sudah shm ? bagaimana hubungi anda? boleh beli separo aja (10000m)? please contact saya di bronis7@yahoo.com.thanks

Anonymous said...

selamat malam.
saya merlyta mahasiswi dari UNS (solo)setelah saya membaca artikel anda, saya sangat tertarik, kebetulan skripsi saya juga mencari aktivitas dari lovastatin yang berasal dari angkak dengan variasi beras.tetapi saat ini saya sedang mengalami kesulitan mencari lovastatin PA untuk standart saat dimasukkan ke HPLC
,apakah saya boleh bertanya,saat bapak melakukan penelitian lovastatin dahulu, bapak mendapatkan lovastatin untuk standart dari mana,
terimakasih harap bantuannya

nb:tolong dikirim lewat mail saya merlyta.sukma@gmail.com (terimakasih)

wahyu said...

Merlyta, sudah saya jawab via email.
Sukses penelitiannya.

Anonymous said...

asslm...saya restu nidia sandra...saya baca artikelnya ka wahyu yg tentang DNA...mudah dimengerti bgt...makasih yah...saya mahasiswa kimia UNJ (jakarta) tapi lagi penelitian dan ke arah biotek jadi agak bingung coz dulunya ga pernah belajar ttg biotek secra mendalam,,,duhh jd ga pd ahah..tp thanks yah artikelnya..ngebantu bgt

wahyu said...

halo dek Restu, maaf saya lama tidak menengok blog ini karena kesibukan.

tentang penelitiannya semoga sukses. semua hal pasti bisa di pelajari bila kita berusaha. saya juga masih baru dalam hal biotek. dulu basic saya kimia organik.

makasih apresiasinya. senang tulisan saya bisa membantu.

salam sukses..

Anonymous said...

salam kenal ... salam CeLoTeh ... :D

wahyu said...

salam kenakl kembali om. makasih dah mampir.
mari celotehkan hal2 yang berguna ddan bermanfaat..

Anonymous said...

Salam kenal Bang Riyadi,

saya mau tanya, kalau saya mau buat larutan NaOH 0.2 M dengan pH 2 gimana caranya? Menngunakan buffer?. Secara alami laritan 0.2 M NaOh itu mempunyai pH > 12. Trima kasih bnayka asta batuannya.

Saya juga mau buat larutan 0.2 M NaOH pH 7.

Sukses
Zola

Evi Andriani said...

Assalamu'alaikum wr wb
Saya Evi Andriani, baru menamatkan sekolah di Teknik Elektro UI. Kebetulan skripsi evi kemarin tentang elektrobiomedik yang berjudul "Analisis dan identifikasi penyakit paru-paru dengan teknik hidden markov model" dan sekarang ingin melanjutkan S2. Tapi bingung dengan judul penelitian yg akan diajukan di S2. Apakah mas Wahyu ada ide buat evi.

Subhanallah, evi sangat suka banget membaca website mas wahyu "http://sciencebiotech.net/", semoga semakin bisa meningkatkan ilmu pengetahuan bangsa Indonesia khususnya.

Jazakallah khoir,
Salam
~Evi A.~

wahyu said...

@Zola; Sepengetahuan saya tidak pernah ada larutan NaOH 0,2 N dengan pH 2.
pH 2 berarti kondisi asam, sementara larutan NaOH jelas basa, apalagi konsentrasinya cukup signifikan. Maaf jika kurang membantu.

@ Evi A: Alahmdulillah, terimakasih atas apresiasinya.

mbak evi ingin melanjutkan S2 dimana? jika sudah ada pilihan dimana ingin melanjutkan S2, coba saja cari informasi, para dosen ahli di universitas tersebut sedang melakukan penelitian apa terkait elektrobiomedik.

Kemudian mbak Evi bisa mengambil inspirasi ide dari sana. cara ini juga biasanya digunakan jika ingin mendapatkan beasiswa. Karena biasanya perguruan tinggi akan memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang melakukan penelitian yang sama dengan yang dikembangkan di sana.

Maaf tak dapat membantu banyak. saya sendiri kurang paham tentang elektrobiomedik.

Oh ya, mbak Evi mengingatkan saya akan seorang sahabat yang juga bernama Evi. namun sudah almarhumah. Evi Damayanti nama lengkapnya.

Salam, semoga lancar studinya..

poe3 said...

Salam kenal, pak wahyu...
Senang bertemu dengan sesama orang kimia di sini.. :D

saya 'terdampar' ke sini waktu lagi literature ttg penggunaan HPLC....
:D

Senang bertemu di sini..
salam

Anonymous said...

buat mas wahyu saya suka kata2 terakir mas yang ingin cepat balik dengan membawa manfaat ilmu ke lebih banyak orang, saya cuma sarankan ajaklah sebanyak mungkin orang disekitar mas agar lebih tahu mengingat ALLAH tiada amal yang lebih mulia selain mengajak orang mengingat ALLAH, kebetulan saya juga orang it dulunya di bidang electro dan alhamdulillah saat ini saya sudah tidak terarik dengan dunia electro, hati saya tertarik untuk selalu dekat dan mengajak orang mengenal ALLAH ,saat ini saya lagi membangun pondok pesantren kebetulan istri saya janda kaya yang mau memebrikan uangnya untuk memebangun pondok, saya ingat janji ALLAH barangsiapa berjuang di jalanku(agama) aku yang kan mencukupi, alhamdulillah di kenalkan janda yang punya milyaran uang untuk dibalanjakan membangun pesantren, mungkin inilah janji ALLAH. Saran saya jika masa wahyu ingin beruntung kelak setelah mati, ajaklah orang2 untuk emngenal ALLAH, jangan ajarkan tetang ilmu duniawi karena kelak kita akan menangis dan merugi jiak hidup kita hanya di isi untuk belajar ilmu dunia

BLOK CINTA BAJANG GERUMUS said...

salam kenal main ya ke blog baruku..

Anonymous said...

terimaksih mas tulisannya

Anonymous said...

pak wahyu, saya alumni aka bogor nih, sekarang sedang melanjutkan studi di jepang. sepertinya saya bakal jadi pengikut setia blog anda, keep writing ya pak.dewi utami

wahyu said...

@Dewi; Orang kimi juga. hehe..
Terima kasih apresiasinya. Saya akui, saya jarang sekali menulis akhir2 ini.

Semoga banyak mendapat ilmu di Jepang sana.
Salam Kenal.

Anonymous said...

Mas Wahyu, saya restu.
mau tanya dong,sekiranya mas wahyu tau, saat ini sudah adakah alat pendeteksi bakteri dalam waktu cepat dengan harga terjangkau? misalnya hanya dalam waktu 1-2 jam kita dapat mengetahui apakah sampel kita ada kontaminasi mikroba atau tidak (seperti alat cek kehamilan). jika ada, boleh minta referensinya ga.
Terimakasih :)

rientiek hoedjan said...

saya riera..mahasiswi kimia UNNES yang sedang galau mengerjakan skripsi,,,

mohon bantuannyaaaaaa.....

anitcarol said...

eh ada jawa.. ga nyangka gw baca blog lu jg hihihihi

wahyu said...

wah suatu kehormatan dikunjungi wanita cantik.. hehe..

pa kabar rol?

Anonymous said...

Salam kenal mas Wahyu,

Mohon info no HP atau email yang bisa saya hubungi. Terimakasih

Salam,
Bagus-Jogja (0811.1013.49)
email : kristanto17@gmail.com