Wednesday, July 11, 2007

Bluetooth sejauh 1 km

Pagi ini saya mendapatkan informasi menarik tentang teknologi transfer data bluetooth di detik.com. Saat ini bluetooth yang identik dengan pengiriman pesan jarak dekat, ternyata mampu mengirimkan data sejauh 1000 meter atau 1 km. Modul Bluetooth wireless ini dibuat oleh EZURIO dan berukuran sebesar kartu pos serta dilengkapi antena.
Namun, meski jangkauan 1 km akan memanjakan kita dalam memenuhi kebutuhan transfer data, jangan harap koneksi serupa dapat kita nikmati jika menggunakan alat ini di dalam gedung. Hal ini karena lingkungan di dalam gedung yang selalu berubah dan dapat mengakibatkan pantulan sinyal radio. Sayangnya, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai berapa kecepatan transfer data yang dihasilkan dan harga yang dibanderol Bluetooth ini.
(sumber: www.detikinet.com)
Kemudian saya berpikir, di zaman modern ini teknologi informasi dan telekomunikasi semakin canggih sehingga tidak memerlukan kabel atau perantara fisik lainnya. Proses transfer data dapat di lakukan dengan gelombang elektromagnetik yang tidak terlihat dan dapat berjalan dalam ruang hampa sekalipun.
Mungkin nanti manusia akan dapat berkomunikasi tanpa perlu berbicara, karena telah dikembangkan suatu gelombang yang sinkron dan langsung dapat diterjemahkan oleh otak. Sehingga tidak lagi diperlukan suatu alat yang dapat mengubah gelombang menjadi sinyal suara (telefon) ataupun tulisan (telegram, fax, sms). Maka telepati-pun mulai berkembang..


No comments: