Thursday, September 24, 2009

Mohon Maaf Lahir Batin..


Masih dalam suasana lebaran. Saya mengucapkan selamat idul fitri 1430 H. Mohon maaf bila ada kata-kata dalam artikel di blog ini yang kurang berkenan dan menyinggung perasaan.

Ini bukan hanya ucapan formalitas lebaran saja. Yang sekedar ucapan 'penggugur kewajiban' tanpa diresapi dan sambil lalu. Yang secara spontan diucapkan ketika bertemu dengan kawan dan tetangga.

Bersalaman, 'minal aidzin wal faidzin', tersenyum, kemudian berlalu begitu saja. Semuanya dilakukan tanpa kesadaran bahwa saat itu kita sedang meminta maaf dan menyesali atas semua kesalahan yang pernah dan mungkin terjadi. Semuanya terjadi tanpa ada peresapan makna bahwa saat itu kita sedang memberikan maaf ikhlas atas semua tindakan dan kesalahan yang orang lain lakukan. Semuanya sekali lagi hanya formalitas dan tindakan rutinitas lebaran belaka. Seperti yang saat ini umum terjadi.

Sekali kali tidak. Saya secara sungguh-sungguh meminta maaf, secara sadar memohon di bukakan pintu maaf. Bila ada kata-kata dalam blog ini yang menyinggung dan menyakiti.


Sekali lagi, selamat idul fitri 1430 H, mohon maaf lahir dan batin..


2 comments:

marsudiyanto said...

Selamat Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir batin

Blog Ijo said...

kembali ke nol ya..