Monday, July 6, 2009

Pilih yang mana..?


Besok kita melaksanakan pemilihan presiden 2009-2014. Mungkin diantara kita ada yang sudah menentukan pilihan.. ada yang masih bingung.. atau ada yang sudah diniatkan untuk tidak memilih.

Yang menarik adalah teman saya. Seminggu sebelum hari H, dia masih belum menentukan pilihan. Bingung katanya. Untuk hal ini, dia bertanya pada mantan dosen kalkulus-nya. Saya sempat heran kenapa harus mantan dosennya?

Sebab karena dia aku mesti ngulang Kalkulus sampai tiga kali. Dan tetap saja mendapat C minus..”, jawabnya. Hah.. nyambung gak sih..? Seingat saya memang betul dia sempat mengulang kalkulus sampai tiga kali. Karena saking seringnya, sampai akhirnya akrab dengan dosennya itu. Tapi ya sudahlah.. Teman saya itu memang suka begitu, sedikit gemblung.. dan kalau diladeni malah tambah gak nyambung. Akhirnya dengan penasaran saya tanyakan bagaimana jawab dosennya.

Kata dosenku, pilihlah calon yang bisa memajukan bangsa dan mensejahterakan rakyat..”. Ya.. masuk akal..!

Setelah itu dia rajin sekali mengikuti acara debat capres cawapres. Rajin mengamati berita yang mengungkapkan visi dan misi masing-masing capres. Semuanya untuk mengetahui mana capres yang bisa memajukan bangsa dan mensejahterakan rakyat. Mana capres yang paling tepat untuk menjadi presiden bangsa ini. Salut dengan tekadnya. Niat kuatnya untuk ikut berpartisipasi dalam pilpres nanti.

Dua hari sebelum hari H saya tanya bagaimana haslinya, apakah sudah menentukan pilihan? “Tuambah bingung..”, jawabnya. “Semua capres mempunyai tujuan untuk memajukan bangsa, mensejahterakan rakyat, petani, guru, nelayan, menaikkan pertumbuhan ekonomi, bla..bla..bla... Memang waktu acara debat kemaren SBY paling baik cara penyampaiannya, JK paling narsis dan Mega ndledeh kemana-mana. Namun intinya semuanya sama, memajukan bangsa dan mensejahterakan rakyat. Yah.. entahlah nanti aku diskusi lagi dengan Pak Manto..”. Betul.. Pak Manto adalah mantan dosennya.

Sampai sekarang, H-1, saya belum bertemu lagi dengannya. Entahlah apakah dia sudah mempunyai pilihan atau belum. Atau malah memutuskan tidak memilih saking bingungnya..

Mendekati hari pemilihan dan memasuki masa tenang tidak berarti kampanye berhenti dilakukan. Memang di media sudah betul-betul tenang, namun dalam kesunyian ternyata kampanye masih terus berlangsung. Pagi ini saya mendapatkan suatu rumus matematika yang katanya mampu menunjukkan pilihan yang tepat berdasarkan usia. Hah.. apalagi ini.

Rumus tersebut adalah:

(U x 2) + 15 – 11 / 2 – U = No urut capres

Dimana, U adalah Usia.

Katanya hasil perhitungan rumus ini menunjukkan angka yang diperoleh adalah no urut capres yang paling sesuai. Entah benar atau tidak. Tapi lumayanlah untuk sekedar guyon ringan.

Baru saja saat menulis ini, saya mendapat email dari seorang kawan tentang guyon capres lainnya. Mudah-mudahan tidak kena UU ITE atau apalah namanya. Hihi..
(mau ikutan jadi seleb... siapa dikau..??)

Mega, JK, SBY dan seorang siswa sekolah sedang berada dalam pesawat yg sedang mengalami gangguan mesin. Hanya ada 3 parasut tersedia dalam pesawat.

Mega mengambil 1 tas parasut dan berkata: "Ladies first, saya satu2nya calon presiden wanita disini, wong cilik menantikan saya!" [Megapun] lalu melompat keluar.

JK cepat juga mengambil satu tas dan berkata: "Lebih cepat, lebih baik, siapa cepat, dia dapat, he he he" lalu melompat keluar.

SBY: "Nak, engkau masih muda, masa depanmu masih cerah. Saya sudah berbakti untuk negara, rakyat sudah sejahtera dan tenang, meskipun saya masih tidak puas, namun kamu generasi muda penerus bangsa, lanjutkanlah! Ambillah parasut terakhir"

Si anak sekolah menjawab: "Pak SBY presidenku, masih ada cukup parasut untuk kita berdua, Pak JK tadi mengambil tas sekolah saya". Mendengar kata-kata itu, SBY langsung tersedu haru. Begitu lama sampai akhirnya pesawat keburu menabrak gunung.



Hehe.. Piss....

7 comments:

~noe~ said...

berarti yang selamat malah mbak Mega, ya om :-P
btw, iseng amat tuh yang bikin rumus. ada-ada saja. kira2 bisa diterapkan ke pilpres masa mendatang tidak ya.

kalo aku jadi capres, nomer urutku 2.
jadi pilih no 2 kah?

AeArc' said...

nomer 3, memang paling wuookee..

Wahyu Riyadi said...

@om Noe: Betul. Mega yang selamat, asalkan beliau tau cara membuka parasut.. :)

@AeArc: masing-masing punya pilihan..

manda said...

gw pernah baca yang versi jk yang terakhir, sby yang ngambil tas anak2nya. yang kasian ya mega... mau ga mau dia paling tidak didukung rakyat. Btw kalo 2 putaran si sama aja JK yang menang.. soalnya ngga mungkin pendukung mega pindah ke SBY kecuali kalo finalnya SBY Mega, baru mungkin ada pendukung JK yang pindah ke SBY.

guskar said...

JK yg terjun duluan, selamat kok. krn sebelum menyentuh tanah, sdh disiapkan matras yg empuknya mentul-mentul

marsudiyanto said...

Aluwung rak usah numpak pesawat wae...

Wahyu Riyadi said...

@manda, guskar: hasilnya sekarang mulai terlihat. No urut 2.. hehe
@pa mar: mending naek KA ya pak..