Thursday, May 3, 2007

Indonesia masuk Guinness Book of World Record

Indonesia masuk di guinness book of world record?? Wah hebat banget. Sudah seharusnyakah kita bangga?? Usut punya usut ternyata ‘prestasi’ yang di dapat Indonesia jauh dari membanggakan, bahkan mungkin memalukan. Indonesia baru saja terpilih oleh Guinness Book of World Record sebagai Negara tercepat yang melakukan kerusakan hutan (The Fastest Forest Destroyer).

Setiap tahun Indonesia kehilangan hutan seluas 1,8 juta hektar, kehilangan ini hampir setara dengan dua persen dari total hutan di Indonesia. Bila di kalkulasi dalam tiap jam-nya, maka terjadi kerusakan hutan seluas 300 kali luas lapangan sepak bola per jam.

Berbekal data ini, Greenpeace Indonesia lalu mengirimkan proposal kepada Guiness World of Record di Amerika Serikat pada 16 Maret lalu dan kurang dari sebulan kemudian sudah mendapatkan jawaban positif atas permintaan tersebut.

Pada tahun 2006 Walhi mencatat bahwa laju kerusakan hutan kepulauan nusantara mencapai 2,72 juta hektar. Diperkirakan bahwa pada tahun 2012 hutan alam di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi akan musnah.

Berita terkait

No comments: