Monday, January 1, 2007

Bau Kaporit Air PAM Tidak Berbahaya

Masyarakat umumnya tidak menyukai bila air PAM masih berbau kaporit. Padahal justru air PAM yang baik adalah air yang ketika sampai pada konsumen masih berbau kaporit. Hal ini mengindikasikan bahwa kaporit yang ditambahkan untuk membunuh mikroorganisme cukup dan tidak habis dalam perjalanan menuju rumah-rumah konsumen. Sehingga saat air diterima konsumen, masih terdapat kandungan kaporit yang cukup untuk membunuh mikroorganisme. Seharusnya masyarakat curiga bila air PAM mereka tidak berbau kaporit sama sekali..

4 comments:

wening said...

salam kenal mas wahyu, sy wening..
blog nya sangat cerdas dan bermanfaat :)

mau tanya juga mas, kalo air PAM yg berbau kaporit itu aman untuk dikonsumsi gak? apakah kandungan kaporit dlm air tdk berbahaya bagi tubuuh?

trims

wahyu said...

@Wening: kaporit akan hilang melalui proses pemanasan. Sehingga air aman untuk dikonsumsi. semoga membantu.

Salam sehat

wening said...

oo gitu ya mas..soal nya sy waswas d rumah tuh minum nya pake air PAm d rebus, tapi saat di minum masih terasa bau2 kaporit..jadi mungkin harus d panaskan terus sampai kaporit nya hilang ya

wahyu said...

@Wening: yap betul. Tapi idealnya kaporit (gas klor) hilang dengan pemanasan. Bahkan dengan di diamkan di udara terbuka semalaman saja gas klor akan hilang.

Selamat mencoba mbak.. ;)